Petani Ini Kaget, Dua Anak Kucing yang Diselamatkan Ternyata Bayi Macan Tutul

Macan tutul (Panthera pardus) dikenal dengan sebutan harimau dahan.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 19 Desember 2021 | 16:00 WIB

Sariagri - Seorang petani di India dilaporkan telah menyelamatkan dua anak kucing terlantar. Dia membawa dan merawat kucing yang ditemukannya itu di rumahnya. Belakangan diketahui, dua ekor hewan yang dikira anak kucing itu ternyata anak macan tutul.

Dilansir UPI.com, pejabat Departemen Kehutanan di Distrik Dhar Madhya Pradesh mengatakan Kiran Giri, seorang petani dari Desa Bajrikheda menemukan anak kucing itu di ladangnya. Dia kemudian membawanya ke dalam rumah karena mengira hewan itu adalah anak kucing terlantar yang menderita karena cuaca dingin.

Baca Juga: Petani Ini Kaget, Dua Anak Kucing yang Diselamatkan Ternyata Bayi Macan Tutul
Mangsa Hewan Ternak Warga, Harimau Sumatera Direlokasi Petugas BKSDA Jambi



Kiran Giri mengatakan kepada petugas kondisi kucing itu sudah mulai pulih dari flu setelah tiga hari berada di dalam rumahnya. Namun dia mulai curiga karena hewan itu menggeram, bukan mengeong seperti kucing pada umumnya.

Untuk membuktikan kecuriagaannya itu, dia menunjukkan hewan itu kepada tetangga. Tetangga Kiran Giri memastikan bahwa kedua hewan itu adalah anak macan tutul.

Mengetahui fakta bahwa hewan yang diselamatkannya adalah anak macan tutul, Kiran Giri memberi tahu polisi setempat. Polisi kemudian menghubungi Departemen Kehutanan untuk memastikan jenis hewan itu.

Petugas Departemen Kehutanan memastikan dua hewan itu adalah anak macan tutul dengan jenis kelamin jantan dan betina. Setelah diidentifikasi, anak macan tutul itu dibawa ke pusat penyelamatan Van Vihar.

Macan tutul (Panthera pardus) dikenal juga dengan sebutan harimau dahan karena kemampuannya dalam memanjat. Panjang tubuh macan tutul antara satu sampai dua meter.

Daerah sebaran soesies ini di benua Asia dan Afrika. Macan tutul lebih aktif di malan hari dan merupakan tipikal hewan penyendiri, saling menghindari satu sama lain. Mangsa utama macan tutul adalah hewan menyusui, binatang pengerat, ikan burung,
monyet dan binatang lain di sekitar habitatnya.

Video terkait: