Kreatif, Pohon Natal Unik dari Lembaran Daun Jati

Pohon natal dari lembaran daun jati. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 15 Desember 2021 | 14:00 WIB

Sariagri - Perayaan natal 2021 masih 10 hari lagi, namun suasana kemeriahan dan kehangatnya sudah terasa sejak awal bulan Desember. Salah satunya seperti yang terlihat di depan Lobby Hotel Quest di kawasan Jalan Ronggolawe, Surabaya, Jawa Timur.

Mengusung tema 'Back to Nature', managemen Quest Hotel Surabaya membuat pohon Natal dari daun jati kering.

"Tahun ini, kami sengaja mengambil tema pohon natal dari daun Jati. karena kami ingin mengangkat konsep kembali ke alam atau back to nature. Tema ini diambil karena kami ingin memanfaatkan alam sekitar, salah satunya dengan memanfaatkan daun jati kering yang biasanya hanya menjadi sampah," ungkap Marketing Communication Hotel Quest Surabaya, Melly Aruni kepada Sariagri, Rabu (15/12/2021). 

Melly menyebutkan dekorasi lembaran daun jati kering bisa dimanfaatkan menjadi pohon Natal yang unik, berbeda dari pohon-pohon Natal yang sudah ada.

Alasan dipilihnya daun jati untuk dijadikan pohon natal, karena pohon jati sendiri memiliki filosofi yang kuat dan juga unik. Maka perayaan Natal tahun ini diharapkan dapat dilewati dengan ketangguhan dan kesabaran, meski masih di tengah kondisi pandemi yang hampir dua tahun. 

"Jadi pohon Jati ini pohon yang setia, tangguh, kuat, dan juga proses untuk tumbuhnya cukup lama. Sama dengan kehidupan, termasuk perayaan Natal, di mana kita harus bersabar dan berproses dulu untuk meraih kesuksesan ataupun kesukacitaan di Hari Natal," imbuhnya.

Melly menjelaskan pembuatan pohon natal dari daun pohon jati ini merupakan ide dari Arik Fitrianto, Executive Housekeeper di Quest Hotel Surabaya.

“Ide awalnya dari rekan kami, Arik Fitrianto. Sedangkan proses pembuatannya memakan waktu sekitar dua minggu, “ paparnya.

Melly menerangkan untuk proses pengeringan daun jati, memakan waktu cukup lama sekitar satu minggu, karena tidak langsung di bawah sinar matahari.

“Tujuannya agar daun tidak mudah patah dan warnanya tidak terlalu kuning. Untuk itu pengeringan kami lakukan di dalam ruangan," jelasnya.

Pohon Natal setinggi 3,5 meter ini disusun dari kerangka besi yang dihias dengan 121 lembar daun jati kering yang diambil langsung dari area perkebunan Mojokerto, Jawa Timur.

Agar lebih meriah, tak lupa di beberapa sisi bagian pohon natal daun jati ditambahkan pernak- pernik hiasan sehingga menjadi daya tarik bagi para tamu dan pengunjung hotel.

Selain pohon natal di tempat tersebut juga dibuat kandang domba yang juga dihiasi dengan lembaran daun dan batang pohon jati lengkap dengan kado natal.

Pohon natal yang terbuat dari daun jati kering ini menarik perhatian tamu dan pengunjung hotel pemandangan alam tersebut dimanfaatkan oleh pengunjung hotel sebagai latar belakang spot foto yang menarik.

Baca Juga: Kreatif, Pohon Natal Unik dari Lembaran Daun Jati
Lampaui Target, Jabar Tanam 52 Juta Pohon di Lahan Kritis



“Kreatif sekali dan menarik tentunya. Sebab jarang ada pohon natal seperti ini, yang terbuat dari daun jati kering. Kebetulan saya suka mengambil foto-foto unik untuk saya unggah di sosial media, “ kata salah seorang pengunjung hotel asal Yogyakarta, Dinda.

Pohon natal daun jati ini akan menghiasi hotel tersebut selama bulan desember sebagai tanda suka cita dalam menyambut datangnya hari raya natal. 

 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: fwrite(): Write of 34 bytes failed with errno=122 Disk quota exceeded

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 267

Backtrace:

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_write_close(): Failed to write session data using user defined save handler. (session.save_path: /opt/alt/php80/var/lib/php/session)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: