Dedikasi Kakek Sariban untuk Kebersihan Kota Bandung

Sariban saat menjalani aktivitasnya. (Foto Al Jazeera)

Editor: M Kautsar - Rabu, 8 Desember 2021 | 22:00 WIB

Sariagri - Sosok Sariban tak asing bagi warga Kota Bandung. Seorang pejuang kebersihan yang setiap hari selalu wara-wiri di setiap sudut Kota Bandung. Selama puluhan tahun tepatnya sejak tahun 1983, kakek 78 tahun ini masih setia tanpa pamrih menjadi relawan menjaga kebersihan kota dengan memunguti sampah di jalanan kota kembang. 

Untuk anak-anak dan cucu kita di kemudian hari" begitu salah satu slogan Sariban. Dua tempat sampah menjadi atribut wajib yang ada di sepeda tuanya. Tempat sampah organik dan non organik.

Penampilan Pak Iban, sapaan Sariban, yang khas berpakaian kuning-kuning dengan sepeda tua, disertai dedikasi tinggi pada kebersihan mendapat tempat tersendiri di hati warga Kota Bandung. Pak Iban pun tak segan menegur siapapun yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

Dengan penuh kesabaran, Pak Iban akan memunguti setiap sampah yang dia temui. Tak hanya sampah yang dia bersihkan, Pak Iban juga kerap mencabuti paku yang tertancap di pohon-pohon yang dia temui di jalan.

Dalam sebuah wawancara, Pak Iban berujar bahwa dia melakukan semuanya dengan penuh keikhlasan. Pensiunan petugas kebersihan RS Cicendo ini hanya berharap, semua warga di Jawa Barat bisa menahan diri untuk membuang sampah sembarangan.

Baca Juga: Dedikasi Kakek Sariban untuk Kebersihan Kota Bandung
Bali Jadi Proyek Percontohan Tata Kelola Sampah Kemasan

"Ikhlas, lillahitaala. Saya ingin berbuat sesuatu di bidang kebersihan. Namanya Kota Kembang ya harus bersih. Harapan saya untuk masyarakat Jawa Barat. Mulai hari ini, mulai dari kecil, mulai dari diri sendiri tahan untuk membuang sampah sembarangan," ungkapnya.

Sejumlah apresiasi dan perhatian pun pernah didapat Pak Iban. Salah satunya adalah hadiah umroh dari Ridwan Kamil pada 2016 yang saat itu masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung.  Bahkan di 2017, Pak Iban mendunia ketika aktivitasnya diberitakan media Al Jazeera. Video aktivitas Pak Iban itu pun mendapat respon luar biasa dari penonton di berbagai belahan dunia. 

Video Terkait