Punya Hutan Bambu Jutaan Hektare, Nilai Produksi Tahunan Cina Terbesar di Dunia

Ilustrasi - Tanaman bambu.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Sariagri -  Cina dikenal dengan sebutan negeri tirai bambu. Sesuai sebutannya itu, Cina tercatat memiliki lebih dari 6,67 juta hektare kawasan hutan bambu atau yang terluas di dunia.

Dilansir Beijing News, Pejabat National forestry and Grassland Administration, Huang Zhengqiu mengatakan nilai produksi tahunan dari 6,67 juta hektare hutan bambu itu hampir 320 miliar yuan (49,6 miliar dolar AS) atau Rp705 triliun.

“Karena itu luas kawasan hutan bambu, jumlah bambu, kualitas bambu, keuntungan dan ekspor bambu Cina menjadi yang terbesar di dunia,” ujar Huang.

Tahun ini di negara itu akan berlangsung Festival Budaya Bambu Cina ke-11 di Yibin, Provinsi Sichuan pada 19 – 21 Oktober 2021. Festival Budaya Bambu ini yang pertama kali digelar pada tahun 1997.

Pihak yang akan berpartisipasi pada festival nanti antara lain perwakilan industri bambu, daerah penghasil utama bambu, lembaga penelitian ilmiah dan profesional dari lingkup internasional. Mereka akan berkumpul membahas dan memberikan saran bagi pengembangan industri bambu.

Baca Juga: Punya Hutan Bambu Jutaan Hektare, Nilai Produksi Tahunan Cina Terbesar di Dunia
Tak Terlihat seperti yang Lain, Pohon Aneh Mirip Lentera Ditemukan di Hutan Amazon

Selain itu, Festival Budaya Bambu di Cina juga akan fokus menampilkan peralatan baru dari bambu, proses mutakhir pengolahan bambu dan produk baru dari industri bambu di Cina.

Sebanyak 128 perusahaan dari 15 provinsi di daerah penghasil bambu utama di Cina akan berpartisipasi dalam pameran baik secara online dan offline.

Video terkait:

 

Video Terkait