Lahan Vegetasi Bromo Terbakar, Ribuan Edelweiss dan Cemara Hangus Dilahap Si Jago Merah

Lahan vegetasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terbakar. (Foto: Sariagri/Arief L)

Editor: M Kautsar - Senin, 11 Oktober 2021 | 15:30 WIB

Sariagri - Belasan hektar vegetasi di lahan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ludes terbakar. Mengetahui peristiwa kebakaran ini, petugas gabungan TNI-Polri, tim manggala agni TNBTS dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) langsung melakukan pemadaman menggunakan satu unit mobil damkar dan peralatan seadanya.

Asap putih tanda kebakaran terdeteksi di hotpot delapan tebing barat gunung Bromo melalui kamera pengawas BPBD Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

“Titik api kebakaran lahan di area konservasi taman nasional bromo tengger semeru itu pertama kali terdeteksi di hotpot delapan oleh kamera pengawas atau CCTV kami," kata Supervisor Pusdalops BPBD Probolinggo, Aries Setiawan kepada Sariagri, Senin (11/10).

Lokasi persis terjadinya keberaran, imbuh Aries, berada di tebing barat lereng Bromo. Tepatnya dari puncak Pondok Kawat, Kabupaten Pasuruan.

Kejadian ini menghanguskan ribuan vegetasi bunga edelweis (Anaphalis javanica) yang selama ini dikenal para pendaki.

Luasnya lahan yang terbakar ditambah kencangnya tiupan angin, membuat petugas sempat kesulitan memadamkan api yang terus merambat dan meluas. Bahkan api pun dengan cepat mencapai wilayah vegetasi di Kabupaten Probolinggo.

Kepala Resort laut pasir TNBTS, Subur Hari Handoyo menyebutkan akibat peristiwa ini, ribuan tanaman edelweis hangus terbakar. Total lahan yang terbakar mencapai 14 hektare.

“Di bagian tebing sekitar 10 hektare yang terbakar dan di lahan bawah yang ludes hangus dilahap api ada sekitar 4 hektare. Data catatan kami ribuan tanaman edelweiss hangus terbakar," ungkap Subur.

Ia menjelaskan Kawasan TNBTS selama ini dikenal sebagai Land of Edelweiss. Di kawasan ini teridentifikasi ada tiga jenis edelweiss, yaitu, Anaphalis longofilia, Anaphalis javanica, dan Anaphalis viscid.

“Tiga jenis edelweiss tersebut saat ini hangus. Dugaan sementara ini ulah orang tak bertanggungjawab membuang puntung rokok, sehingga terjadi kebakaran saat bara rokok mengenai batang tanaman kering," ucap dia.

Baca Juga: Lahan Vegetasi Bromo Terbakar, Ribuan Edelweiss dan Cemara Hangus Dilahap Si Jago Merah
PBB : 2 Juta Orang Tewas Akibat Bencana Alam Sepanjang 50 Tahun Terakhir

Selain itu akibat kebakaran ini, vegetasi berupa cemara dan rumah bagi aneka burung liar yang hidup di kawasan Bromo terpaksa kehilangan sarangnya.

“Petugas kini tengah melakukan penyelidikan terkait pelakunya. Kami menghimbau pada masyarakat untuk tidak sembarangan membuang puntung rokok atau membakar sampah yang berpotensi merusak alam dan berpengaruh negatif bagi ekosistem yang ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini, “ tandasnya.