Terbuat dari Anggrek 'Emas', Tas Noken Papua Edisi Spesial Dijual Rp4 Juta

Mama Ina, pedagang noken di pinggir Jalan Budi Utomo, Mimika, Papua, Sabtu (9/10/2021). (Antara/Abdu Faisal)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 10 Oktober 2021 | 17:00 WIB

Sariagri - Salah satu buah tangan khas Papua adalah tas noken. Harganya bervariasi bahkan noken Anggrek edisi spesial untuk pria dijual Rp4 juta.

"Namanya noken anggrek, harganya Rp4 juta," ujar Mama Ina, seorang penjual noken di sekitar Gedung Serba Guna Eme Neme Youware, Mimika, Papua.

Menurut Mama Ina, noken anggrek mahal karena terbuat dari tanaman anggrek 'emas'. Anggrek warna emas itu dirajut sedemikian rupa hingga membentuk tas tangan dengan pola bergaris. Polanya memang sengaja dibuat sederhana agar lebih menarik dilihat kaum adam.

Mama Ina yang berasal dari Nabire mengatakan sudah berjualan di Mimika sejak empat tahun lalu. Karena itu, tangannya sudah mahir merajut noken yang akan dijadikan buah tangan dari Papua. Bagi Mama Ina, merajut bukan pekerjaan sulit.

"Sekali lihat sudah langsung bisa," katanya.

Dia menjelaskan noken yang bagus, menurut harus dirajut dengan tangan agar bertahan lama. Karena itu harganya lebih mahal dari noken yang dijahit mesin.

Selain itu, harga noken juga sangat bergantung dari ukuran dan bahan bakunya. Noken 'biasa' terbuat dari kulit kayu, sedangkan yang harganya murah terbuat dari tali manila.

Baca Juga: Terbuat dari Anggrek 'Emas', Tas Noken Papua Edisi Spesial Dijual Rp4 Juta
Laris Manis Selama PON Papua, Harga Noken dari Kulit Kayu Ini Tembus Rp4 Juta

"Kalau manila dijahit ukuran besar antara Rp100 ribu sampai Rp200 ribu. Yang dari anggrek itu, Rp4 juta begitu. Karena dia susah (bahan bakunya), harus memanjat toh. Kalau yang biasa dari kulit kayu ada yang Rp200 ribu sampai Rp300 ribu," kata Mama Ina.

Senada dengan Mama Ina, Gracerine Marissa, pedagang noken di kawasan SP5 Mimika menyebut harga noken dari manila Rp150 ribu - Rp200 ribu. Selain itu, ada noken kulit kayu tapi bentuknya berbeda dari noken pada umumnya. Noken Mama Ica, panggilan Marissa, berbentuk seperti tas punggung.

"Yang itu dari kulit kayu, harganya Rp600 ribu," kata Marissa, Sabtu (9/10/2021).

Selain menjual tas dari kulit kayu, Marissa juga menjual baju dan gelang dari kulit kayu.

"Kalau baju dari kulit kayu. Harganya Rp1,3 juta, yang bagus itu. Gelang harganya Rp20 ribu," kata Marissa.(Ant)

Video terkait: