Garuda Indonesia Ikut Partisipasi Program Konservasi Snow Leopard di Indonesia

Ilustrasi leopard salju. (Foto: Pixabay)

Editor: M Kautsar - Selasa, 28 September 2021 | 20:50 WIB

Sariagri - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia turut berperan aktif dalam program konservasi breeding satwa dilindungi dunia yakni snow leopard atau leopard salju dengan layanan pengangkutan live animals pada penerbangan GA 089 rute Amsterdam - Jakarta yang tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Minggu (26/9).

Setibanya di Jakarta, leopard salju betina yang diberi nama Maya tersebut langsung dibawa menuju Batu Secret Zoo di Malang, Jawa Timur melalui jalur darat yang turut mendapatkan pemantauan penuh dari otoritas terkait.

Pengangkutan satwa dilindungi tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil kerja sama Tiepark Berlin dan Batu Secret Zoo dalam rangka program konservasi "breeding" leopard salju yang saat ini masuk dalam kategori hewan dengan risiko kepunahan tinggi.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, "Partisipasi Garuda Indonesia terhadap program konservasi Snow Leopard di Indonesia ini merupakan manifestasi dari visi kami sebagai National Flag Carrier untuk senantiasa berperan aktif di garda terdepan dalam kaitan inisiatif program berwawasan environmental sustainability yang salah satunya dilakukan melalui dukungan terhadap program konservasi satwa yang dilindungi."

Di tengah situasi yang penuh dengan tantangan ini, inisiatif kolaboratif ini menjadi arti penting atas wujud komitmen dan partisipasi aktif Indonesia atas berbagai isu lingkungan hidup global yang direpresentasikan melalui keterlibatan Garuda Indonesia dalam menyediakan aksesibilitas layanan penerbangan yang aman dan terpercaya.

Dalam pelaksanaannya, koordinasi intensif telah dilakukan Garuda Indonesia bersama dengan pihak terkait dengan kesiapan seluruh dokumen persyaratan maupun prosedur pengangkutan, yang mengacu kepada regulasi internasional yakni International Air Transport Association (IATA) beserta peraturan karantina dan kepabeanan di Indonesia. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jatim Park 2 Ronny Sendjojo mengungkapkan apresiasinya terhadap dukungan penuh Garuda Indonesia terhadap program konservasi leopord salju di Indonesia melalui kiprah  jam terbang yang tinggi terhadap penanganan angkutan live animals. Aspek transportasi udara menjadi perhatian penting dalam proses pengangkutan ini mengingat leopard salju tergolong hewan yang cenderung mudah stress sehingga membutuhkan penanganan pihak yang berpengalaman.

Baca Juga: Garuda Indonesia Ikut Partisipasi Program Konservasi Snow Leopard di Indonesia
6 Hewan Tercepat di Dunia, Ada yang Bisa Terbang 354 Km/Jam

"Menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami dapat terlibat penuh dalam program konversasi satwa yang dilindungi ini. Program konservasi ini menjadi momentum penting bagi Batu Secret Zoo untuk menjalankan filosofi eksistensinya sebagai taman wisata dan konservasi satwa modern yang memainkan peran penting dalam komitmen kelestarian lingkungan hidup. Dipilihnya Batu Secret Zoo sebagai lokasi breeding program ini tidak terlepas dari habitat lingkungan fasilitas konservasi kami berada di dataran tinggi Batu sehingga diharapkan proses adaptasi Snow Leopard ini dapat berlangsung secara kondusif,"  papar Ronny

Selanjutnya dalam program konservasi ini, Garuda Indonesia jelang akhir tahun 2021 ini akan kembali mengangkut leopard salju jantan yang nantinya akan menjadi bagian dari breeding program satwa dilindungi tersebut.

Video Terkait