Peringati Hari Ozon Sedunia, Menteri LHK Soroti Hal Ini

Menteri LHK Siti Nurbaya dalam hari ozon. (Dok. KLHK)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 16 September 2021 | 17:10 WIB

Sariagri - Pada hari ini 16 September 2021, diperingati 36 tahun Hari Ozon Internasional yang mengusung tema ‘Keeping Us, Our Food, and Our Vaccine Cool’.

Mengutip pernyataan Sekjen PBB, Antonio Guterres pada peringatan Hari Ozon tahun ini, mengatakan implementasi protokol mountreal telah berhasil dalam upaya pemulihan lapisan ozon melalui penghapusan konsumsi bahan perusak ozon (BPO). Dan komitmen untuk menghapuskan konsumsi hidro floro carbon (HFC) yang dapat mencegah kenaikan suhu global sebesar 0,4°C pada abad ini.

“Oleh karena protokol mountreal mengatur bahan pendingin yang digunakan di sektor refrigerasi baik di manufactur maupun servicing maka dalam implementasinya sektor refrigerasi penting terhadap penyediaan rantai pendingin (cold chain) untuk penyediaan pangan dan vaksin,” ujar Menteri LHK, Siti Nurbaya, pada peringatan Hari Ozon Internasional, Kamis (16/9/2021).

Menteri Siti menjelaskan terkait dengan ketersediaan pangan rantai pendingin berperan penting unutk mengawetkan dan menjaga stok makanan beku daging, sayur serta produk susu tetap segar dan aman dikonsumsi bagi masyarakat.

“Sedangkan terkait dengan kebutuhan vaksin rantai pendingin juga berperan penting untuk menjaga kondisi ideal vaksin sehingga kualitasnya tetap terjaga dari awal hingga pelaksanaan vaksinasi,” jelasnya.

Menteri Siti mengungkapkan berdasarkan data dari Gabungan Pengusaha Farmasi Indonesia tahun 2020, kebutuhan rantai pendingin untuk kebutuhan vaksinasi Covid-19 yaitu 1.923 palet, 48 reefer container, 360 cold truck, 3.300 cold box, dan 4.375 m3 cold storage untuk pengiriman setiap 10 juta dosis dengan tujuan distribusi 10.134 fasilitas kesehatan.

Data dari Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia, lanjut dia, menunjukkan kebutuhan rantai pendingin meningkat sebesar 45 persen pada tahun ini. Namun, kata dia, untuk wilayah Indonesia Tengah dan Timur masih diperlukan tambahan reefer container, cold truck serta cool box sekitar 1.000 unit untuk pendistribusian dan penyimpanan vaksin.

Baca Juga: Peringati Hari Ozon Sedunia, Menteri LHK Soroti Hal Ini
Hari Hutan Internasional 2021: Restorasi Hutan Pulihkan Kesehatan

“Meningkatnya kebutuhan rantai pendingin untuk keperluan vaksinasi tidak lepas dari jenis vaksin yang tersedia di Indonesia mulai dari sinovac, astrazeneca, sinopharm, moderna, pfizer, dsb, masing-masing vaksin tersebut memiliki pengaturan temperatur yang berbeda sehingga dibutuhkan peralatan refrigerasi dan bahan pendingin yang sesuai,” terangnya.

“Mari kita jadikan peringatan hari ozon tahun 2021 ini sebagai momentum bagi seluruh masyarakat untuk memberikan kontribusi untuk menekan virus Covid-19, memulihkan lapisan ozon di atmosfer dan mencegah pemanasan global,” pungkasnya.

Video Terkait