Ratusan Burung Pipit Ditemukan Mati, DKPPP Kota Cirebon Periksa Sampel

Tangkapan layar video petugas kebersihan Balai Kota Cirebon, Jawa Barat menemukan ratusan burung pipit mati, Selasa (14/9/2021). (Antara/Khaerul Izan)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 14 September 2021 | 20:50 WIB

Sariagri - Ratusan burung pipit ditemukan mati masal di halaman Balai Kota Cirebon, Jawa Barat. Tim Medis Veteriner Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Dan Perikanan (DKPPP), Kota Cirebon, memeriksa sampel guna mengetahui penyebab kematian burung pipit itu.

"Kita ambil sampel terlebih dahulu, untuk memastikan penyebab kematian masal burung pipit ini," ujar Tim Medis Veteriner DKPPP Kota Cirebon Tri Angka, Selasa (14/9/2021).

Tri mengatakan sampel yang diambil, nantinya akan dibawa ke laboratorium untuk diuji, guna mengetahui penyebab kematian ratusan burung pipit itu. Uji sampel membutuhkan waktu karena harus dikirim ke laboratorium di Bandung atau Subang.

"Kita akan kirimkan sampel ini ke laboratorium yang berada di Bandung ataupun Subang, untuk mengetahui hasilnya," katanya.

Baca Juga: Ratusan Burung Pipit Ditemukan Mati, DKPPP Kota Cirebon Periksa Sampel
Elang Berusia di Bawah Satu Tahun Terjual Rp6,6 Miliar di Lelang Internasional

Menurut Tri, kematian ratusan burung secara masal baru pertama kali terjadi di Kota Cirebon. Karena itu, lanjut dia, perlu pengujian lebih pasti untuk mengetahui penyebab kematiannya apakah karena cuaca ekstrem atau akibat pestisida.

"Ini baru pertama kali terjadi di Kota Cirebon, dan butuh waktu untuk memastikan penyebab kematiannya," katanya.

Petugas kebersihan Balai Kota Cirebon dikejutkan dengan kematian ratusan burung pipit yang biasa singgah di pohon, Selasa. Mereka langsung membersihkan dan mengamankan burung yang masih hidup.

Sebelumnya Kota Cirebon dan sekitarnya diguyur hujan dengan intensitas sedang sejak dinihari.

Video terkait: