Sempat Dikira Jantung Pisang, Bunga Raksasa Ini Tumbuh di Pekarangan

Bunga bangkai tumbuh di pekarangan rumah warga Tanjungpinang, Kepri. ANTARA/Ogen

Editor: M Kautsar - Rabu, 8 September 2021 | 17:30 WIB

Sariagri - Bunga bangkai tumbuh dan mekar di pekarangan rumah seorang warga bernama Abrori yang tinggal di Jalan Harmoko, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Abrori awalnya tak mengira kalau tumbuhan itu bunga bangkai, karena bentuknya seperti jantung pisang dan baru menyadari keberadaan bunga bangkai itu pada hari Selasa (7/9) pagi.

"Selasa pagi, bunga bangkai itu tiba-tiba mekar di depan rumah kami. Baunya tak sedap," ujar Abrori, Rabu (8/9).

Beberapa malam sebelumnya, Abrori dan istri memang sudah mencium bau tidak sedap di sekitar rumahnya, namun tanpa disangka ternyata berasal dari aroma bunga bangkai di halaman rumah mereka. Abrori menyampaikan bunga bangkai itu tumbuh sendiri dan tidak pernah dirawat secara khusus.

Warga setempat antusias setelah dapat tahu bunga raksasa itu tumbuh di lingkungan tempat tinggal mereka.

Warga langsung mengabadikan momen mekarnya bunga bangkai itu dengan ponsel masing-masing dan beberapa di antaranya asyik berswafoto.

Baca Juga: Sempat Dikira Jantung Pisang, Bunga Raksasa Ini Tumbuh di Pekarangan
Demi Sekolah, Pria di Polewali Ini Pikul Anak Lintasi Luapan Banjir Sungai

Mengutip laman Wikipedia disebutkan bahwa bunga bangkai atau bunga raksasa dalam bahasa latin disebut amorphophallus yang berasal dari bahasa Yunani Kuno “amorphos” yang berarti “cacat, tanpa bentuk” dan “phallos” yang berarti “penis”.

Terdapat 170 jenis bunga bangkai di seluruh dunia dan sekitar 25 jenis di antaranya bisa ditemui di Indonesia, yaitu delapan jenis di Sumatera, enam di Jawa, tiga di Kalimantan dan satu di Sulawesi.

Video Terkait