Laba-laba Pemburu Raksaksa, Ukurannya Rentang Kakinya Bisa Sebesar Piring Makan

Heteropoda maxima, atau laba-laba pemburu. (Foto: Wikimedia)

Editor: M Kautsar - Minggu, 22 Agustus 2021 | 08:00 WIB

Sariagri - Laba-laba pemburu adalah salah satu spesies laba-laba terbesar di dunia yang terkenal karena kemahirannya memburu mangsa. Diukur dari rentang kaki, laba-laba pemburu raksasa bahkan bisa mencapai ukuran sekitar 30 cm, atau seukuran piring makan.

Laba-laba pemburu adalah laba-laba besar dan cepat yang hidup di iklim hangat di seluruh dunia. Tidak seperti kebanyakan spesies laba-laba, laba-laba pemburu tidak membangun jaring. " Mereka tidak membangun jaring untuk menangkap mangsa," kata Christy Bills, ahli entomologi dan manajer koleksi invertebrata di Museum Sejarah Alam Utah. Sebaliknya, laba-laba ini memburu mangsanya.

Ada ribuan subspesies dalam famili ini (Sparassidae). Spesies laba-laba pemburu rata-rata memiliki panjang sekitar 1 inci (2,5 cm) dengan rentang kaki hingga 5 inci (12,7 cm). Laba-laba pemburu raksasa (Heteropoda maxima), bagaimanapun, memiliki rentang kaki hingga 12 inci (30 cm), menjadikannya laba-laba terbesar berdasarkan diameter dan sering digambarkan sebagai "ukuran piring makan".

Sementara menurut American Association for the Advancement of Science, laba-laba terbesar menurut beratnya adalah tarantula pemakan burung goliath (Theraphosa blondi).

Peter Jäger, kepala departemen araknologi di Senckenberg Research Institute di Frankfurt, Jerman, menemukan laba-laba pemburu raksasa di sebuah gua di Laos pada tahun 2001, menurut penelitiannya yang diterbitkan dalam jurnal Zoosystema. Hanya sedikit orang di dunia yang pernah melihat arakhnida raksasa ini.



Salah satu cara untuk mengetahui perbedaan laba-laba pemburu dengan tarantula adalah dengan posisi kaki makhluk itu. Sebagian besar kaki laba-laba menekuk secara vertikal di bawah tubuhnya. "Laba-laba pemburu biasanya memiliki kaki yang terentang ke samping, seperti kepiting," kata Bills, seperti dilansir Live Science.

Bahkan, laba-laba pemburu juga disebut sebagai laba-laba kepiting raksasa. Kaki laba-laba pemburu memiliki sendi yang bengkok, yang memungkinkan pelengkap memanjang ke depan seperti kaki kepiting dan penyelarasannya memungkinkan laba-laba bergerak dari sisi ke sisi, juga mirip dengan kepiting.
Jantan memiliki kaki yang lebih panjang, meskipun betina memiliki tubuh yang lebih besar. "Warna dan polanya bervariasi," kata Bills. Kaki laba-laba pemburu biasanya berwarna abu-abu atau coklat, dan berpita.

Menurut Museum Australia, kebanyakan tubuh spesies laba-laba pemburu memiliki penampilan yang rata, yang ideal untuk bergerak di tempat yang sempit.

Laba-laba pemburu raksasa ditemukan di Laos, dan sebagian besar spesies pemburu berasal dari Asia. Mereka juga hidup di Afrika, Australia dan Amerika Selatan, menurut Science Alert. Mereka tinggal di beberapa negara bagian Amerika yang hangat seperti Florida, California dan Texas, dan, menurut University of Florida, diperkirakan mereka didatangkan dari Asia.

Beberapa cerita rakyat mengklaim laba-laba melakukan perjalanan dari Asia dalam kotak pisang, dan karena itu, mereka kadang-kadang disebut laba-laba pisang.

Baca Juga: Laba-laba Pemburu Raksaksa, Ukurannya Rentang Kakinya Bisa Sebesar Piring Makan
5 Orangutan Hasil Penyelamatan dan Penyerahan Masyarakat Dilepasliarkan



Laba-laba pemburu adalah hewan yang piawai memburu mangsa. Mereka mengejar atau menyergap mangsanya, membunuhnya dengan racun dan mulut yang kuat, yang disebut chelicerae. Setelah ditangkap, mangsanya akan disuntik dengan racun mematikan dari kelenjar di dalam tubuh laba-laba. Laba-laba pemburu juga bisa menjadi laba-laba yang berharga karena memakan kecoak, selain laba-laba lain dan hama serangga domestik.

Meski demikian, laba-laba ini tidak mematikan bagi manusia. Menurut Australian Reptile Park, meskipun pemburu berbisa dan gigitannya bisa menyakitkan bagi manusia, mereka tidak menyebabkan sesuatu yang lebih serius daripada mual ringan atau sakit kepala. Biasanya pembengkakan dan rasa sakit yang terlokalisasi adalah satu-satunya gejala gigitan laba-laba pemburu.

Video Terkait