Damar, Pohon Asli Indonesia yang Miliki Manfaat

Pohon Damar. (Istimewa)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 6 Agustus 2021 | 18:50 WIB

SariAgri -  Indonesia dikenal memiliki tanah yang subur, hingga banyak tanaman dengan mudah tumbuh. Salah satunya pohon asli Indonesia, yakni Pohon Damar atau disebut Dammar Raja.

Pohon Damar merupakan salah satu pohon asli Indonesia dan penghasil utama getah damar. Pohon ini di beberapa daerah disebut sebagai kaláne,kèssi, oeneëla (Maluku), dammar lulu atau dammar malolo (Sulawesi). Selain dinamai damar, di Indonesia kerap disebut juga sebagai damar raja.

Uniknya, di Indonesia penggunaan istilah ‘damar’ saling tumpang tindih (rancu). Kata ‘damar’ juga digunakan untuk penyebutan resin (getah) yang dihasilkan oleh sejumlah pohon dari genus Shorea dan Hopea.

Sementara getah pohon damar (Agathis dammara) lebih sering disebut sebagai ‘kopal’. Selain itu, penggunaan istilah ‘kayu damar’ malah digunakan untuk penyebutan kayu dari pohon jenis Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperdagangkan sebagai kayu ‘Agatis’.

Ciri dan Karakteristik Agathis dammara

Damar merupakan tumbuhan asli Indonesia. Daerah sebarannya meliputi pulau Sulawesi, kepulauan Maluku, dan kepulauan di Filipina. Namun kini, pohon damar telah dibudidayakan di perkebunan-perkebunan di pulau Jawa. Tumbuh di hutan hujan tropis dataran rendah hingga ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Pohon damar (Agathis dammara) berukuran besar dan tingginya bisa mencapai 65 meter. Batangnya silindris dan lurus dengan diameter mencapai 1,5 meter. Kulit batang berwarna abu-abu muda hingga coklat kemerahan. Kulit mengelupas dalam keping-keping yang tidak beraturan dan biasanya bopeng karena resin.

Daun berbentuk jorong (bulat memanjang) dengan panjang 6 – 8 cm dan lebar 2 – 3 cm. Bagian pangkal daun membaji sedangkan ujungnya runcing. Tulang daun sejajar dan banyak. Bunga jantan dan betina berada pada tandan yang berbeda, pada pohon yang sama.

Meskipun tidak termasuk tanaman langka, namun pohon damar (Agathis dammara) di habitat aslinya telah mengalami populasi hingga 30 persen dalam 75 tahun terakhir. Oleh karena itu Daftar Merah International Union for Conservation of Nature (IUCN Redlist) memasukkannya dalam spesies Vulnerable (Rentan).

Manfaat Pohon Damar

Manfaat utama damar yaitu diambil getahnya untuk diolah menjadi kopal (manila copal). Getah damar keluar dari kulit atau kayu damar yang dilukai. Getah yang keluar akan membeku dan mengeras setelah beberap hari. Getah damar yang mengeras inilah yang kemudian dinamai kopal.

Baca Juga: Damar, Pohon Asli Indonesia yang Miliki Manfaat
Manchineel, Pohon Paling Beracun di Dunia Asal Karibia

Kopal mengandung asam-asam resinol, resin, dan minyak atsiri. Kopal merupakan bahan dasar bagi cairan pelapis kertas supaya tinta tidak menyebar. Selain itu kopal dimanfaatkan untuk campuran lak dan vernis, perekat pada penambal gigi, dan perekat plester.

Pohon damar juga bisa dijadikan pohon penghijauan dan peneduh. Sedangkan kayunya, meskipun kurrang kuat dan awet, kerap diperdagangkan sebagai bahan bangunan dengan nama ‘kayu agatis’.

Video Terkait