Polres Ponorogo Ungkap Modus Baru Pencurian Kayu

Aksi pembalakan liar di Ponorogo, Jawa Timur menggunakan modus baru. (Foto: Sariagri/Arief L)

Editor: M Kautsar - Selasa, 29 Juni 2021 | 15:20 WIB

SariAgri - Kepolisian resor (Polres) Ponorogo Jawa Timur kembali mengamankan 4 pelaku pembalakan liar. Komplotan ini kedapatan mencuri kayu di hutan milik Perhutani.

Keempat tersangka pembalakan liar yakni EW, ST, SM dan KS mereka ditangkap jajaran satreskrim Polres Ponorogo di rumahnya masing-masing beberapa hari lalu.

Dari tangan para tersangka polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa dua unit kendaraan minibus yang digunakan untuk mengangkut hasil kejahatan. Di dalam mobil tersebut ditemukan beberapa potong kayu sono keling serta sejumlah gergaji mesin.

Menurut Kasatreskrim Polres Ponorogo, AKP Handi Septiadi aksi pencurian kayu menggunakan kendaraan mini bus ini terbilang modus baru yang terjadi di Ponorogo.

Karena kasus-kasus sebelumnya para pelaku mengangkut kayu menggunakan kendaraan truk. Upaya mereka mencuri menggunakan mobil ini terbukti berhasil mengelabuhi petugas selama lima kali aksi pencurian.

“Modusnya ada yang bagian membawa motor tril masuk hutan lalu melakukan pemotongan. Hasilnya kayu curian kemudian diangkut menggunakan mobil yang memang sengaja telah dipersiapkan sebelumnya,“ kata Kasat Reskrim Polres Ponorogo, AKP Handi Septiadi kepada Sariagri, Selasa (29/6).

Aksi pencurian kayu ini terjadi di hutan milik Perhutani petak 136RPH Sawoo  dengan kerugian negara mencapai Rp20 juta. Saat ini, polisi tengah mengambangkan kasus dengan memburu penadah kayu curian tersebut.

Video Terkait