Kenali 6 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan

Ilustrasi biji mahoni (Foto:Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: M Kautsar - Selasa, 15 Juni 2021 | 11:30 WIB

SariAgri -  Sebagian masyarakat Tanah Air mungkin sudah familiar dengan kayu mahoni. Sebab, kayu mahoni sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar furnitur.

Tak hanya itu, biji mahoni ternyata juga baik dimanfaatkan untuk kesehatan karena kandungan flavonoid, saponin, dan alkaloid. Ketiga senyawa inilah yang bertindah sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Ini enam manfaat biji mahoni untuk kesehatan, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah Jurnal of Translational Medicine melaporkan orang yang mengonsumsi flavonoid yang lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah mengalami masalah kardiovaskulat. Saponin dalam biji mahoni juga meningkatkan kesehatan jantung karena memampuannya menurunkan kolesterol dan kadar lemak tubuh.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Flavonoid yang terkandung dalam biji mahoni bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, membersihkan pembuluh darah dari penyumbatan kolesterol dan mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu, biji mahoni juga dapat membantu menurunkan resiko penyakit, seperti serangan jantung dan stroke.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Biji mahoni mengandung suatu senyawa yang dapat membantu kelancaran proses metabolisme sehingga buang air besar menjadi teratur. Maka dari itu, biji mahoni juga memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh.

Biji Mahoni Bisa Kontrol Kadar Gula

4. Obat Insomnia

Biji mahoni mengandung saponin dan flavonoid yang dapat mengatasi masalah tidur seperti insomnia. Kandungan ini diyakini mampu membuat otot lebih tenang dan rileks sehingga kualitas tidur lebih baik.Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan
Segudang Manfaat Kayu Cendana Merah yang Jarang Diketahui



5. Mengontrol Kadar Gula

Biji mahoni berkhasiat untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh karena kandungan flavonoid dan saponin. Untuk mendapatkan mafaatnya, penderita diabetes bisa mencoba air rebusan biji mahoni.

6. Mengatasi Rasa Nyeri Saat Haid

Biji mahoni memiliki kandungan flavonoid dan berbagai mineral penting yang efektif mampu mengurangi rasa nyeri saat menstruari pada wanita. Sifat anti peradangannya mampu mengatasi nyeri haid pada wanita.

Video Terkait