Dukung Pengendalian Karhutla, KLHK Berikan 1 Unit Helikopter ke Riau

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan 1 unit helikopter tipe Bell-412 untuk memperkuat Satgas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau..

Penulis: Arif Sodhiq, Editor: Reza P - Selasa, 2 Maret 2021 | 14:00 WIB

SariAgri - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan 1 unit helikopter tipe Bell-412 untuk memperkuat Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau.

Dukungan helikopter dari KLHK ini untuk membantu kerja patroli atau pemantauan udara, pemadaman udara atau water bombing, dan evakuasi penyelamatan.

"Selain itu dalam waktu dekat KLHK bersama BNPB, BPPT, TNI Angkatan Udara, BMKG dan BPBD Riau juga akan melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di wilayah Riau dan sekitarnya," ujar Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL), Basar Manullang.

Basar mengatakan helikopter tersebut langsung melakukan patroli udara dan pengecekan karhutla ke beberapa titik di antaranya Karya Indah (Kampar), Pematang Pudu, (Bengkalis), Lubuk Gaung (Dumai), Bukit Timah (Dumai), Pergam Rupat (Bengkalis), Tanjung Leban (Bengkalis) dan SM. Giam Siak Kecil, Bengkalis.

Untuk operasi penanggulangan dari darat, lanjut Basar, KLHK telah menyiagakan 239 anggota Manggala Agni (MA) di lima wilayah Daerah Operasi (Daops) untuk wilayah Provinsi Riau, termasuk Kepulauan Riau.

"Ibu Menteri LHK mengarahkan anggota Manggala Agni untuk solid membantu kerja tim Satgas Dalkarhutla mengantisipasi karhutla, terutama di daerah rawan. Pantang pulang sebelum padam. Apalagi pada saat bangsa ini masih berjuang menghadapi pandemi Covid-19, harapannya karhutla dapat ditangani dengan baik sebagaimana tahun 2020," terangnya.

Berdasarkan data KLHK, sepanjang tahun 2020 pengendalian karhutla secara nasional menurunkan jumlah hotspot 91,32 persen. Luasan area terbakar turun 81,7 persen. Tahun ini telah muncul titik panas (hotspot) di beberapa wilayah seperti Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir, Siak, Pelalawan, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.

Baca Juga: Dukung Pengendalian Karhutla, KLHK Berikan 1 Unit Helikopter ke Riau
KLHK Catat 2 Kabupaten di Sumsel Ini Gambutnya Rusak Parah

Hingga 25 Februari 2021 melalui pantauan web sipongi.menlhk.go.id berdasarkan Satelit Terra/Aqua (NASA) confident level ≥80% terdapat 69 titik di mana sebagian besar titik api sudah dinyatakan padam.

Untuk diketahui, bentuk dukungan operasional udara atau helikopter tersebut, sebagai langkah antisipasi dan kesiapan pengerahan sumber daya dalam pengendalian karhutla, pasca ditetapkannya status siaga darurat karhutla oleh Gubernur Riau selama 259 hari terhitung tanggal 15 Februari-31 Oktober 2021. 

Video Terkait