Bukan Anjing Pelacak, Polisi Cina Latih Tupai Deteksi Narkoba

Ilustrasi tupai (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Senin, 13 Februari 2023 | 20:00 WIB

Sariagri - Polisi Cina membuat terobosan baru dengan melatih enam tupai khusus pelacak untuk melawan jaringan narkoba di negara tersebut. Terobosan ini dilakukan sebagai alternatif yang lebih murah untuk menggantikan anjing pelacak.

Mengutip dari Oddity Central, Brigade Anjing Polisi dari Detasemen Polisi Kriminal di Distrik Hechuan, Chongqing telah berhasil membiakkan kelompok pertama tupai pendeteksi narkoba di Cina.

Rupanya, para ilmuwan telah mengetahui indra penciuman tupai yang tajam sejak lama, tetapi metode pelatihan hewan pengerat tampaknya belum cukup maju sampai sekarang.

Terobosan tersebut merupakan bagian dari proyek penelitian dan pengembangan kunci nasional negara tersebut terkait penciptaan metode pelatihan baru untuk hewan anti-narkoba.

Media lokal Cina baru-baru ini melaporkan bahwa Brigade Anjing Polisi Distrik Hechuan telah berhasil melatih enam tupai pendeteksi narkoba yang akan segera mulai bekerja bersama polisi, membantu mereka menemukan zat terlarang yang tersembunyi.

Baca Juga: Bukan Anjing Pelacak, Polisi Cina Latih Tupai Deteksi Narkoba
Kiper Argentina Beli Anjing Rp376 Juta untuk Jaga Medali Emas Piala Dunia

Pelatih kepala brigade anjing polisi Hechuan Yin Jin mengatakan kepada awak media bahwa dia dan timnya berhasil melatih enam tupai menggunakan teknologi dan metode pelatihan yang dikembangkan secara internal.

"Hewan pengerat tersebut dilatih untuk menggaruk tempat di mana mereka mendeteksi narkoba," ucap Yin.

Ia juga mengatakan bahwa pengujian menunjukkan bahwa tupai tidak hanya seefisien anjing pelacak dalam mendeteksi obat-obatan, tetapi mereka juga memiliki keuntungan tambahan karena lebih kecil, lebih cepat, dan kemampuan untuk mencapai tempat tinggi yang tidak pernah bisa diperiksa oleh anjing.