Cegah Pohon Tumbang di DKI, Heru Minta Rutin Pangkas Pohon

Evakuasi pohon tumbang di beberapa titik. (Antara)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 10 Februari 2023 | 11:55 WIB

Sariagri - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) untuk rutin memangkas pohon guna mencegah pohon tumbang saat hujan deras dan angin kencang.

"Pohon tumbang, tentunya Dinas Pertanaman harus pangkas," kata Heru di SMPN 51 Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, menanggapi banyaknya pohon tumbang di wilayah Jakarta saat musim hujan, Jumat (10/2/2023).

Dia juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI untuk respon cepat dalam mengevakuasi pohon tumbang.

"Kecepatan dari BPBD juga penting untuk membantu mengevakuasi pohon tumbang," ujarnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI bersama tim gabungan mengevakuasi empat warga yang mengalami luka ringan akibat tertimpa pohon yang tumbang akibat hujan dan angin.

“Korban luka ringan ada di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI M Insyaf di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan tiga orang luka ringan di Kelurahan Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara dan satu luka ringan di Kelurahan Cikini, Jakarta Pusat. Mereka langsung ditangani di lokasi kejadian dibantu warga sekitar karena menderita luka ringan.

BPBD DKI mendata hingga pukul 14.00 WIB, sebanyak 14 pohon tumbang merata terjadi di lima wilayah di DKI Jakarta. Di Jakarta Pusat terdata satu pohon tumbang, Jakarta Utara (3), Jakarta Barat (2), Jakarta Selatan (7) dan Jakarta Timur (1).

Pohon tumbang itu juga menimpa lima unit kabel listrik, kabel sistem deteksi dini bencana (1), atap bangunan (1), bangunan (3) dan mobil boks (1).

Ada pun titik sebaran pohon tumbang itu yakni di Jalan Cut Mutia Jakarta Pusat, kemudian di Jakarta Selatan tersebar di Jalan Bangka VIII, Jalan Taman Lebak Bulus II, Jalan Bangka VIII B dan atap mushala di SD 04 Srengseng Sawah.

Baca Juga: Cegah Pohon Tumbang di DKI, Heru Minta Rutin Pangkas Pohon
Kenapa Pohon Cemara Identik dengan Natal? Begini Sejarahnya



Kemudian di Jalan NIS Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pos keamanan Pondok Putri di Jalan Batu, Srengseng Sawah dan Jalan Raya Kebagusan Kelurahan Ragunan.

Selanjutnya, di Jakarta Utara di Jalan RE Martadinata, Jalan Raya Gading Bukit Indah Kelapa Gading, Jalan Armain Marunda dan Jalan Sumagung Kelapa Gading.

Sementara itu, di Jakarta Barat di Jalan H Tohir Sukabumi Selatan Kebon Jeruk dan di Jakarta Timur ada di Jalan TB Simatupang, Pasar Rebo.