Salut, Negara Ini Manfaatkan Hutan untuk Tempat Penampungan Hewan Terlantar

Ilustrasi anjing. (Foo: Unsplash)

Editor: Dera - Jumat, 2 Desember 2022 | 18:15 WIB

Sariagri - Kementerian Pertanian dan Kehutanan Türkiye akan memberikan lahan hutan kepada 39 kotamadya Istanbul untuk mendirikan tempat penampungan dan perlindungan hewan liar dan terlantar. Proyek percontohan itu diharapkan dapat mengatasi masalah keberadaan hewan terlantar dan akan diperluas ke daerah lainnya.

Usai mengikuti rapat kabinet, kepada wartawan Menteri Pertanian dan Kehutanan Vahit Kiri?çi mengatakan saat ini ada kekurangan ruang di tempat penampungan hewan.

“Kami akan menyelesaikan masalah Istanbul ini dengan memberikan tempat kepada pemerintah daerah dari kawasan hutan karena tempat perlindungan ini harus dekat dengan kehidupan alam," ujarnya, seperti dikutip Hurriyet Daily.

Dengan program ini, kotamadya dari 39 distrik Istanbul akan dapat menggunakan 30 dekar tanah sebagai tempat perlindungan hewan alami. “Kami memulainya sebagai proyek percontohan di Istanbul, jika terbayar dan kami dapat memperoleh hasil yang positif, kami akan mengikuti jalur serupa untuk provinsi lain," jelasnya.

Proyek tersebut akan dilaksanakan bersama dengan kantor gubernur.  Kiri?çi juga mengumumkan bahwa kementerian akan menyelenggarakan lokakarya tentang peningkatan populasi hewan liar di kota-kota dalam beberapa hari mendatang, “Dalam lokakarya ini, kami akan mengambil pendapat para akademisi dan pakar, dan menentukan peta jalannya," katanya.

Temuan kasus rabies pada anak berusia 10 tahun di provinsi timur Bitlis telah menghidupkan kembali diskusi tentang hewan liar.

Dalam proyek “rehabilitasi hewan jalanan”, kementerian sebelumnya mengalokasikan 32 juta lira untuk mengebiri hewan liar dan 68 juta lira untuk pembangunan tempat penampungan hewan. Diperkirakan ada lebih dari 8 juta hewan liar di Türkiye, sementara proyek dan dukungan yang dilaksanakan untuk membiakkan hewan dan mencegah ancaman yang mungkin mereka timbulkan dilakukan di bawah koordinasi kementerian.

Baca Juga: Salut, Negara Ini Manfaatkan Hutan untuk Tempat Penampungan Hewan Terlantar
Quokka, Hewan Paling Bahagia di Dunia yang Hampir Punah



Dalam hal ini, total 72 juta lira dukungan keuangan diberikan kepada 88 pemerintah daerah antara tahun 2009 dan 2022 untuk pembangunan tempat penampungan hewan sementara untuk hewan liar, sedangkan jumlah total yang dialokasikan untuk pensterilan mereka antara tahun 2017 dan 2022 adalah 25 juta lira.

Menurut data kementerian, sebanyak 2,3 juta hewan liar telah divaksinasi oleh pemerintah daerah, sekitar 2 juta hewan dikebiri dan 479.000 hewan diadopsi dari panti jompo antara tahun 2004 dan September 2022.