Warga Lampung Gelisah, Buaya Kian Sering Muncul

Buaya muncul di Lampung. (Sariagri/Iwan K)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 28 November 2022 | 12:15 WIB

Warga di wilayah Jalan Ikan Kembung, Kelurahan Pesawahan, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung, atau yang bermukim di sekitar kawasan Gudang Agen, masih was-was setelah kemunculan seekor buaya yang sempat direkam salah seorang warga.

Dari rekaman video yang beredar luas di media sosial, buaya itu diperkirakan panjangnya lebih kurang dua meter. Buaya muncul di permukaan sungai di depan Pelabuhan Gudang Agen cukup lama.

Hal itu membuat warga kian resah untuk beraktifitas di sekitar sungai, yang kerap menjadi lokasi bermain dan mandi warga hingga anak-anak di kawasan itu.

“Ya kami jadi takut lagi untuk mandi atau nyuci disitu. Apalagi banyak anak-anak yang sering mandi di sekitar buaya itu muncul,” ungkap Mujirah, pada Minggu (27/11/2022), salah satu warga yang juga sempat melihat kemunculan buaya.

Menurut sejumlah warga lain juga, sebelumnya sudah ada sekitar tiga ekor buaya laut yang muncul ke permukaan sungai saat gelombang laut sedang tinggi. Warga pun meminta pihak berwenang untuk segera menangkap dan mengevakuasi buaya, supaya warga tidak khawatir lagi.

“Kalau bisa pihak berwenang cepat ambil tindakan untuk tangkep buaya, karena kami benar-benar takut,” ungkap Dewi Puspita, warga lain yang juga diamini Armalia.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, fenomena kemunculan sejumlah buaya ke Sungai Gudang Agen sudah terjadi dalam tiga bulan terakhir. Warga khawatir kemunculan buaya-buaya itu dapat mengancam keselamatan jiwa, terutama anak anak.