Heboh! Belasan Anak Ular Piton Bersarang di Rumah Warga

Ular Piton ditemukan di rumah warga. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 25 November 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Petugas pemadam kebakaran (damkar) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mengevakuasi 18 anak ular piton (Pythonidae) yang bersarang di kawasan perkampungan jalan Kyai Ahmad Dahlan, Kelurahan Sumbergedong.

Dari hasil penyisiran di lingkungan rumah warga, petugas juga menemukan 23 cangkang telur ular piton. Cangkang ular ditemukan di bekas gorong-gorong dan selokan tak terpakai dekat perkampungan.

“Penyisiran ini sudah kami lakukan beruturut-turut selama lebih kurang 3 hari. Hasilnya kami temukan 23 cangkang telur ular piton yang telah menetas dan 18 ekor anakan ular piton,” terang Kepala Satpol PP dan Kebakaran Trenggalek, Triadi Atmono kepada Sariagri.

Petugas akan terus melakukan penyisiran untuk menemukan 5 ekor anakan piton yang belum ditemukan. Termasuk kemungkinan indukan yang masih berkeliaran di perkampungan.

“Dugaan ini pasti ada induknya dan kemungkinan bersembunyi di sekitar rumah-rumah warga. Kami akan terus menyisir termasuk 5 anakan piton yang belum ditemukan,” imbuhnya.

Baca Juga: Heboh! Belasan Anak Ular Piton Bersarang di Rumah Warga
Ular Kobra Sepanjang 1,3 Meter Masuk Rumah Warga di Mamuju Sulbar

Belasan anak ular piton tersebut, selanjutnya diamankan di  kantor Satpol PP dan Kebakaran Trenggalek. Rencananya anak ular piton ini, akan di lepas ke tengah hutan yang jauh dari permukiman.

“Kami mengimbau kepada masyarakat disekitar lokasi untuk lebih berhati-hati dan segera melapor ke petugas damkar jika ditemukan induk piton atau ular yang lainnya,” tandas Triadi. 

Video Terkait