Mengenal Blue Jay, Burung Biru Asli Amerika yang Dikenal Sangat Cerewet

Ilustrasi burung blue jay (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Jumat, 25 November 2022 | 14:30 WIB

Sariagri - Blue jay adalah salah satu jenis burung kicau yang berasal dari Amerika. Diketahui, burung dengan nama ilmiah Cyanocitta cristata ini, masih satu keluarga dengan burung gagak. Meski begitu, warna blue jay lain daripada keluarga gagak lain yang umumnya berwarna hitam.

Burung ini memiliki penampakan yang sangat cantik dengan bulu berwarna biru cerah. Namun pada dasarnya bulu pada burung ini berwarna cokelat.

Dilansir dari laman Canadian Geographic disebutkan bahwa blue jay memiliki struktur melanin yang begitu unik pada bulunya. Struktur ini memungkinkannya mampu mendistorsi cahaya yang terpantul, sehingga membuatnya terlihat biru ketimbang warna cokelat.

Spesifikasi burung blue jay

Secara spesifik, burung blue jay memang dapat dikenali dari warna khasnya yang berwarna biru. Namun sebenarnya burung ini juga memiliki warna lain seperti abu-abu, hijau, dan ungu. Selain warnanya yang unik, burung ini juga dikenal sebagai burung yang cerewet.

Pasalnya, burung ini rajin berkicau dan memiliki suara kicauan yang khas. Bahkan burung ini juga mahir dalam meniru suara hewan lain, seperti suara burung hawk. Dilansir laman All About Birds, blue jay akan melakukan cara ini untuk memperingatkan blue jay lainnya agar terhindar dari hewan pemangsa tersebut.

Berdasarkan penelitian, blue jay memiliki umur rata-rata mencapai 7 tahun. Namun faktanya, ada seekor blue jay tertua yang hidup di habitat asli lebih lama yang diperkirakan berusia 26 tahun 11 bulan. Burung ini telah ditandai di daerah Newfoundland dan Labrador Provinsi Kanada pada tahun 1989.

Sayangnya burung ini ditemukan mati pada tahun 2016, setelah terperangkap dalam perlengkapan memancing

Perilaku dan kebiasaan unik

Selain rajin berkicau, blue ray juga dikenal sebagai salah satu burung cerdas dan memiliki rasa ingin tahu. Dilansir laman Animalia mengungkapkan perilaku blue jay muda, diketahui sering mengambil barang-barang menarik, seperti tutup botol atau potongan aluminium foil yang ditemukannya.

Barang-barang ini nantinya dibawa mereka ke sarang hingga rasa ketertarikan akan barang tersebut hilang. Bahkan berdasarkan pemantauan yang dilakukan di penangkaran, blue jay juga pintar dalam memanfaatkan potongan kertas koran agar lebih mudah mengambil makanan.

Tak hanya perilaku, ada pula salah satu kebiasaan unik yang dilakukan blue jay yaitu gemar menggosok-gosokkan semut ke bulunya. Berdasarkan lansiran dari laman Nature Canada menyebutkan bahwa hal ini dilakukan blue jay sebelum dimakan.

Baca Juga: Mengenal Blue Jay, Burung Biru Asli Amerika yang Dikenal Sangat Cerewet
Fakta Burung Gagak, Burung Cerdas yang Menyimpan Banyak Mitos

Tujuannya agar rasa makanan lebih enak dan menghilangkan cairan asam yang dikeluarkan semut dengan cara digosok-gosokkan ke bulunya, 

Namun teori lain mengatakan bahwa blue jay ini memang menggunakan semut dan benda-benda yang ada disekitarnya untuk membersihkan bulu. Terutama ketika pergantian bulu yang terjadi sekitar bulan Juni dan Juli.

Video Terkait