Layaknya 'Batman' Kelelawar Lindungi Tanaman dari Terjangan Serangga

Ilustrasi Kelelawar. (medicalxpress)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 4 November 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Banyak orang menganggap kelelawar sebagai salah satu hama tanaman, tapi menurut penelitian University of Illinois, AS, 'Batman' ini justru melindungi pohon-pohon muda dari kerusakan akibat serangan serangga.

Para ilmuwan melakukan studi mereka di kawasan hutan beriklim sedang, di kawasan Amerika Utara. Hutan di daerah tersebut, ternyata juga menjadi habitat yang baik bagi kelelawar. Mereka bertengger di pohon ek dan hickory yang menyediakan sumber makanan berupa serangga yang banyak tinggal di pepohonan tersebut, terutama pepohonan yang masih berusia muda.

Dari hasil studi tersebut, para ilmuwan menemukan bahwa jika tidak ada kelelawar, serangga yang mengunyah bibit pohon menjadi liar dan menyebabkan kerusakan tiga hingga sembilan kali lebih banyak dibandingkan jika ada kelelawar di tempat tersebut, demikan dilansir phys.org.



Serangga-serangga tersebut merusak dan mengunyah daun-daun muda tanaman sehingga terjadi defoliasi. Dengan demikian, keberadaan kelelawar juga mengurangi terjadinya defoliasi di hutan, sehingga tanaman tetap bisa tumbuh dengan baik.

Baca Juga: Layaknya 'Batman' Kelelawar Lindungi Tanaman dari Terjangan Serangga
Pakar Sebut Satwa Liar Alami Penurunan Populasi yang Sangat Mengkhawatirkan



Secara keseluruhan, para ilmuwan menemukan tiga kali lebih banyak serangga dan lima kali lebih banyak defoliasi pada bibit tanaman jika tidak ada kelelawar. Ketika dianalisis secara terpisah, pohon ek mengalami defoliasi sembilan kali lebih banyak dan hickory tiga kali lebih banyak tanpa kelelawar.

Karena itu para ilmuwan menyarankan pentingnya menjaga populasi kelelawar sebagai salah satu upaya menjaga kelestarian hutan.