Melihat 6 Hewan Langka yang Ternyata Bisa Hidup Ratusan Tahun

Ilustrasi Kura-kura Galapagos (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Jumat, 30 September 2022 | 13:15 WIB

Sariagri - Di dunia ini terdapat sekitar 9 juta spesies hewan yang ada. hal tersebut menandakan bahwa hewanlah merupakan makhluk hidup yang mendominasi di bumi.

Selain itu, ada juga sebagian hewan-hewan ini yang memiliki masa hidup yang lebih panjang dari manusia. Seperti Gajah Afrika yang rata-rata masa hidupnya mencapai 70 tahun.

Bahkan, ada lagi loh hewan yang masa hidupnya jauh lebih panjang lagi. Berikut ulasannya!

Kerang Islandia

Di tahun 2006, beberapa ilmuwan yang melakukan ekspedisi ke Islandia tanpa sengaja berhasil menemukan spesies kerang dengan umur terpanjang di dunia. Kerang spesies Arctica islandica ini diklaim berumur 507 tahun.

Kerang ini oleh ilmuwan diberi nama 'Ming'. Nama ini diambil dari era Dinasti Ming di China yang muncul bersamaan dengan lahirnya si kerang. Untuk mengetahui umur si kerang, ilmuwan meneliti banyaknya garis-garis guratan di cangkangnya.

Hiu Greenland

Tim ilmuwan yang dipimpin oleh Universitas Copenhagen mempublikasikan penemuan hiu Greenland di kawasan samudra Atlantic bagian utara. Para peneliti menemukan hiu Greenland jantan berumur 400 tahun dan betina berumur 392 tahun.

Hiu ini lantas disebut sebagai hewan vertebrata dengan umur terlama. Hiu Greenland adalah pemangsa yang makanan utamanya terdiri dari ikan-ikan kecil, udang, bahkan tidak jarang mereka memangsa sesama.

Kura-Kura Raksasa Galapagos

Kura-kura yang pertama ditemukan bangsa Spanyol di tahun 1535 ini disebut ilmuwan mampu hidup hingga 152 tahun. Umur panjang membuat kura-kura ini dapat tumbuh sampai panjang 1,5 meter dan bobot 225 kilogram lebih.

Ironisnya, kura-kura raksasa Galapagos terakhir di Galapagos National Park mati di usia 100 tahun. Kura-kura bernama George itu sebelumnya sudah hidup sendiri hingga dilaporkan mati tanggal 26 Juni 2012 lalu.

Koral Hitam

Spesies terumbu karang ini mempunyai umur panjang, sampai 2000an tahun. Koral hitam banyak ditemukan di laut tropis dan beberapa kawasan laut Selandia Baru. Sayangnya hewan ini masuk daftar hewan terancam punah.

Di tahun 2009, ilmuwan melaporkan penemuan Koral Hitam jenis Leiopathes yang berumur 4.265 tahun saat melakukan ekspedisi laut dalam di Hawaii. Dalam laporan itu, Koral Hitam Leiopathes itu disebut tumbuh 4-35 mikro meter per tahun.

Paus Bowhead

Laut Kutub Utara dan Greenland menjadi rumah bagi paus Bowhead, hewan yang memiliki umur hingga 200 tahun lebih. Fakta ini menjadikan Bowhead sebagai mamalia dengan umur terpanjang.

Baca Juga: Melihat 6 Hewan Langka yang Ternyata Bisa Hidup Ratusan Tahun
Mengenal Atretochoana Eiselti, Hewan Unik Mirip Seperti Penis

Ilmuwan bahkan mencatat bila paus Bowhead bisa hidup hingga ratusan tahun tanpa terkena penyakit. Satu-satunya penyebab eksternal paus ini mati adalah diburu manusia dan paus Orca.

Selain umur panjang, paus Bowhead juga terkenal karena mempunyai mulut terbesar di dunia meski ukurannya hanya setengah dari paus Biru.