Mengenal Perbedaan Burung Pipit Bondol Jantan dan Betina

Ilustrasi burung pipit bondol (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Kamis, 29 September 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Burung pipit bondol atau juga dikenal dengan nama pipit emprit bondol adalah burung pemakan biji-bijian, salah satunya padi. Hal inilah yang membuat burung ini kerap dianggap hama oleh petani.

Burung ini paling sering ditemukan di persawahan di Pulau Jawa. Mereka hidup secara berpasangan atau dalam kelompok kecil, termasuk bercampur dengan jenis bondol lainnya.

Perbedaan burung pipit bondol jantan dan betina

Di bawah ini adalah perbedaan antara burung pipit bondol jantan dan betina, yang perlu diketahui:

1. Postur tubuh

Layaknya manusia atau hewan lain, umumnya burung pipit bondol jantan memiliki postur tubuh yang relatif besar, melebihi bondol betina.

Hal ini dikarenakan antara jantan dan betina memiliki susunan tubuh dan hormon-hormon yang berbeda.

2. Warna bulu coklat pada badan

Secara umum, burung pipit bondol jantan dan betina sama-sama memiliki warna cokelat pada bulunya. Namun yang membedakan adalah tingkat kegelapan pada warna bulunya. Pipit jantan biasanya memiliki warna bulu yang lebih gelap, sedangkan pipit betina memiliki bulu cokelat terang atau cokelat muda.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Burung Pipit Bondol Jantan dan Betina
Mengenal Burung Pipit, Burung Paruh Kecil Pemakan Biji-bijian

3. Warna bulu putih di kepala

Pada dasarnya semua burung pipit bondol, baik itu yang jantan dan betina sama-sama memiliki warna putih pada bulu yang ada di kepalanya. Perbedaan keduanya ini terletak pada warna putih di kepala yang dimiliki jantan terlihat lebih jelas. Sedangkan warna putih di kepala sang betina, lebih pudar dan tampak kusam.

4. Postur saat berdiri

Perbedaan lainnya adalah postur tubuh diantara keduanya. Jika burung pipit bondol jantan dalam keadaan berdiri, maka posturnya terlihat lebih tegak dan tegap. Sementara postur betina ketika berdiri tampak lebih membungkuk.

Video Terkait