Hari Badak Sedunia, Kamaru Dapat Kado Tumpeng

Badak Kamaru dapat kado tumpeng di hari Badak Sedunia. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 23 September 2022 | 11:30 WIB

Memperingati hari badak sedunia yang jatuh pada tanggal 22 September, Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur menyiapkan kado istimewa berupa tumpeng berisi buah-buahan dan sayuran kepada Kamaru, salah satu badak di lokasi konservasi satwa setempat.

Manajer edukasi TSI II Prigen Pasuruan,  Eko Windarto mengatakan tumpeng tersebut sengaja telah dipersiapkan sebagai kado buat Kamaru di hari badak sedunia tahun 2022.

“Happy world Rhino Days, kami peringati dengan memberikan tumpeng buah dan sayuran buat kamaru, seekor badak berusia tujuh tahun. Tumpeng ini sesuai dengan kata orang jawa agar selamat atau selamatan dari kepunahan,” terang Eko Windarto kepada Sariagri, Kamis (22/9/2022).

Eko menambahkan kamaru merupakan satu dari tiga badak, koleksi satwa taman safari indonesia II prigen pasuruan. Karena jumlah populasi badak di dunia dan di Indonesia semakin sedikit dan terancam punah, ia mengajak para pengunjung untuk peduli terhadap kelestariannya.

“Momen happy world rhino juga kami manfaatkan untuk menyuarakan aksi penghentian perburuan badak, dengan mengajak anak-anak menempelkan lima jari pada banner yang telah disiapkan oleh pihak taman safari,” tegasnya.

Selain itu, agenda utama peringatan hari badak sedunia yakni kampanye untuk menyelamatkan populasi badak di dunia yang saat ini sudah terancam punah.

“Dengan adanya kegiatan ini, masyarakat kita bisa aware sehingga ada kepedulian untuk bersama-sama menjaga dan melestarikannya,” ujarnya.

Baca Juga: Hari Badak Sedunia, Kamaru Dapat Kado Tumpeng
Badak Sumatera Rosa Lahirkan Bayi Betina di TN Way Kambas

Saat ini, lanjut Eko, populasi badak putih asal afrika sudah dinyatakan punah, sedangkan untuk badak jawa di indonesia saat ini populasinya sekitar 70 ekor dan untuk badak sumatera di indonesia populasinya dibawah 100 ekor.

“Populasi badak sudah terancam punah dan jumlahnya sekarang sudah tinggal sedikit sekali. Akibat banyaknya perburuan liar,” tandasnya.

Video Terkait