Benarkah Madu Manuka Bisa Obati Infeksi Paru-paru? Ini Kata Peneliti

Ilustrasi Madu (Pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 15 September 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Para ilmuwan mengatakan madu manuka memiliki berbagai khasiat obat. Madu manuka berasal dari lebah di Australia dan Selandia Baru yang menyerbuki tanaman leptospermum scoparium atau bunga manuka. 

Madu manuka berbeda dengan madu yang biasa kita ketahui. Madu manuka memiliki tekstur kental dan berwarna keruh mirip karamel.

Studi baru menemukan kombinasi madu manuka dan antibiotik dapat mengobati infeksi paru-paru yang berpotensi fatal. Selain itu, madu manuka mengurangi efek samping dari penggunaan obat.

Mengutip Study Finds, secara khusus, para peneliti dari Aston University mengatakan mereka menggabungkan madu manuka dan obat amikasin menggunakan nebulizer. Perpaduan tersebut mengobati infeksi paru-paru yang disebabkan bakteri berbahaya Mycobacterium absesus, biasanya menginfeksi pasien penderita Cystic fibrosis (CF) atau fibrosis kistik. 

CF adalah penyakit yang dapat merusak paru-paru dan sistem pencernaan. Ada sekitar 105.000 kasus di seluruh dunia, di mana saluran udara paru-paru rusak sehingga lebih sulit untuk membersihkan lendir.

Mycobacterium absesus berada dalam keluarga yang sama dengan tuberkulosis dan dapat berakibat fatal bagi pasien dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya. Tim peneliti kemudian mengeksplorasi bagaimana madu manuka dapat menjadi zat alami untuk mengobati infeksi paru-paru.

Lebih sedikit obat dengan hasil yang lebih baik

Menggunakan nebulizer, alat yang menghasilkan semprotan halus cairan yang dapat dihirup pasien, peneliti menggabungkan madu manuka dan amikasin dengan dosis lebih kecil. Hasil menunjukkan semprotan berbasis madu meningkatkan pembersihan bakteri dalam sampel dari 16 pasien yang terinfeksi penyakit CF.

Baca Juga: Benarkah Madu Manuka Bisa Obati Infeksi Paru-paru? Ini Kata Peneliti
Benarkah Madu Bisa Menyuburkan Pasangan Suami Istri? Ini Kata Ahli

“Dengan menggabungkan bahan yang benar-benar alami seperti madu manuka dengan amikasin, kami menemukan cara berpotensi untuk membunuh bakteri ini dengan obat delapan kali lebih sedikit daripada sebelumnya," kata Jonathan Cox, dosen senior mikrobiologi di Aston University.

"Perpaduan ini memiliki potensi untuk secara signifikan mengurangi gangguan pendengaran terkait amikasin dan sangat meningkatkan kualitas hidup begitu banyak pasien, terutama mereka yang menderita CF,” tukas Cox. 

Video Terkait