Mengintip Manfaat Serbuk Gergaji Kayu yang Punya Potensi Cuan Besar

Ilustrasi serbuk gergaji. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 14 September 2022 | 15:45 WIB

Serbuk gergaji adalah limbah yang dihasilkan dari proses penggergajian pada kayu. Selain serbuk gergaji proses pengolahan kayu juga menghasilkan serbuk halus yang berasal dari penghalusan kayu.

Kedua jenis limbah ini ternyata dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari hari mulai dari perabotan hingga mulsa yang bagus untuk tanaman. Apa saja yang bisa dimanfaatkan dari limbah organik ini? Simak penjelasannya berikut.

Media tanam

Tidak diragukan lagi bahwa serbuk gergaji sangat baik sebagai media tanam. Sebagai bahan organik serbuk gergaji dapat meningkatkan penyerapan unsur hara lebih optimal. Serbuk gergaji juga dapat digunakan sebagai mulsa untuk mengurangi penguapan pada media tanah.

Campuran bahan mebel

Jika kayu bisa digunakan untuk membuat mebel, ternyata serbuk gergaji juga dapat digunakan dengan fungsi yang sama. Meski tak sekuat kayu, mebel dari serbuk gergaji punya kelebihan sendiri seperti bobot yang lebih ringan dan harga yang jauh lebih murah.

Alas kandang hewan peliharaan

Beberapa jenis hewan menyukai alas yang terbuat dari potongan-potongan kecil kayu. Salah satunya adalah hamster yang menyukai alas kandang dari serbuk gergaji. Serbuk kayu ini biasanya digunakan untuk tidur yang hangat juga menyerap kotoran dan air seninya supaya tidak bau.

Bahan briket

Bukan hanya batu bara, ternyata serbuk gergaji kayu juga bisa dimanfaatkan untuk membuat briket. Briket ini dapat dimanfaatkan untuk memasak dengan harga yang jauh lebih murah. Bahkan briket dari serbuk gergaji ini dapat menjadi salah satu peluang usaha karena proses pembuatannya juga terbilang mudah.

Bahan pembuatan batako

Dengan teknologi tinggi, serbuk gergaji kayu saat ini telah dimanfaatkan sebagai bahan campuran pembuatan batako. Meski dari bahan kayu, kualitas batako dari serbuk gergaji ini tak kalah dari batako biasa. Keuntungannya, biaya produksi pembuatan batako dapat ditekan dan harga jual lebih terjangkau oleh masyarakat.

Bahan baku kertas

Semua pasti sudah tahu bahwa salah satu bahan utama membuat kertas adalah kayu. Dalam prosesnya kayu akan dihancurkan menjadi serbuk sebelum dibuat kertas. Jika limbah serbuk gergaji melimpah tentu dapat dimanfaatkan untuk bahan baku kertas sehingga biaya produksinya akan jauh lebih murah.

Baca Juga: Mengintip Manfaat Serbuk Gergaji Kayu yang Punya Potensi Cuan Besar
Menteri Lingkungan Resmi Mundur Gara-gara Gagal Penuhi Stok Kayu Bakar

Bungkus sosis

Siapa sangka bungkus sosis yang kita makan sehari-hari salah satunya ada yang terbuat dari serbuk kayu. Lapisan luar sosis yang mengkilat biasanya ada yang bisa dimakan dan ada yang harus dibuang.

Nah, serbuk kayu biasanya digunakan untuk membuat lapisan sosis yang bisa dimakan. Tapi tak perlu khawatir, karena kayu adalah bahan organik dan diolah dengan standar keamanan pangan. Tentunya pelapis luar sosis ini aman dikonsumsi manusia.

Video Terkait