Mengenal Atretochoana Eiselti, Hewan Unik Mirip Seperti Penis

Ilustrasi Atretochoana Eiselti

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Senin, 12 September 2022 | 19:15 WIB

Sariagri - Atretochoana eiselti merupakan hewan yang ditemukan oleh Sir Graham Hales di hutan hujan Brasil sekitar tahun 1800-an.

Lalu ditemukan kembali oleh pada tahun 2011 oleh para insinyur yang bekerja pada proyek bendungan pembangkit listrik tenaga air di Brazil.

Keunikan hewan ini terdapat pada bentuknya yang menyerupai kemaluan laki-laki. Hewan yang berasal dari spesies caecilian ini memiliki panjang sekitar 30 inci.

Hewan amfibi ini mempunyai habitat asli di sepanjang sungai Amazon, Amerika Selatan. Berdasarkan penjelasan beberapa literatur, atretochoana eiselti ini awalnya masuk dalam keluarga Typhlonectes, namun pada tahun 1996, para ahli meralatnya dengan mengatakan bahwa hewan ini lebih dekat dengan keluarga Potomotyphlus.

Ketika ditemukan dan diteliti pertama kali, banyak orang yang kaget serta malu, khususnya para wanita, karena bentuknya mirip sekali dengan kemaluan laki-laki.

"Dari bentuk dan warna kulitnya serta lingkaran di bagian kepalanya memang mirip dengan kemaluan laki-laki," ungkap seorang peneliti seperti yang dikutip oleh Mongabay.

Seorang ahli biologi dari Santo Antonio Energy bernama Julian Tupan mengatakan bahwa walaupun mirip dengan ular, namun hewan tersebut bukan reptil dan lebih tepat masuk dalam keluarga salamander atau katak.

Baca Juga: Mengenal Atretochoana Eiselti, Hewan Unik Mirip Seperti Penis
Ini Alasan Mengapa Burung Bertubuh Panas, Sudah Tahu Belum?



"Asumsi kita adalah Atretochoana eiselti bernafas melalui kulit dan mungkin makanannya adalah ikan kecil atau cacing, namun kita masih belum menemukan bukti lebih lanjut," jelasnya kepada Estadao, situs lokal Brasil.

Memang Amazon merupakan tempat dimana banyak hewan aneh yang sampai sekarang belum tereksplorasi secara penuh.

Video Terkait