Menteri Lingkungan Resmi Mundur Gara-gara Gagal Penuhi Stok Kayu Bakar

Ilustrasi kayu bakar. (Foto: Unsplash)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Minggu, 11 September 2022 | 11:00 WIB

Sariagri - Menteri Lingkungan Moldova, Iuliana Cantaragiu resmi mundur dari jabatannya pada Kamis (8/9). Keputusan itu datang usai Kementerian Lingkungan dinilai tak mampu memenuhi kebutuhan kayu bakar dalam menanggulangi kemungkinan kelangkaan gas alam.

Cantaragiu mengumumkan keputusannya dalam unggahan yang ditulis dalam akun Facebook-nya. Dalam unggahannya itu, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Moldova yang telah memberinya kepercayaan. Selain itu, Ia juga mengaku bahwa dirinya tidak dapat meluncurkan laman untuk membantu warga Moldova mendapatkan kayu bakar pada musim dingin. Seharusnya laman tersebut sudah diluncurkan sejak 1 September lalu.

Oleh karenanya, Perdana Menteri Natalia Gavrilita juga ikut menyalahkan Cantaragiu atas keterlambatan ini. Dia mengatakan pemecatan Cantaragiu sebagai menteri lingkungan tidak mencerminkan profesionalisme atau integritasnya.

"Sesuatu seharusnya diselesaikan sesuai dengan ketentuannya, sehingga informasi yang diberikan dapat berguna dan tepat sasaran. Seorang relawan malah bisa membuat laman hanya dalam satu hari," terangnya, dikutip dari Balkan Insight.

Perdana Menteri Natalia Gavrilita mengumumkan bahwa beberapa kementerian akan dirombak dalam minggu mendatang, dengan alasan perlunya 'nafas baru' dalam pemerintahan.

Baca Juga: Menteri Lingkungan Resmi Mundur Gara-gara Gagal Penuhi Stok Kayu Bakar
Limbah Penggergajian Kayu Merbau Bisa Jadi Pewarna Alami yang Gantikan Produk Impor

“Saya melihat perombakan ini seperti situasi di tim sepak bola. Ketika seorang pemain lelah, kami melakukan perubahan dan memberikan nafas dan dorongan baru ke lapangan,” ujarnya.

Gavrilita juga mengisyaratkan bahwa reshuffle tidak akan berhenti sampai di situ. Beberapa menteri dan kepala lembaga akan diganti pada akhir September sehingga kabinet memasuki musim dingin dengan susunan yang diperbarui.

Video Terkait