5 Jenis Madu Asli Indonesia yang Populer dan Kaya Manfaat

Ilustrasi madu (Pexels)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Jumat, 2 September 2022 | 19:15 WIB

Sariagri - Madu adalah panganan yang digunakan sebagai pemanis alami. Menurut temuan yang dipublikasikan dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences (2013), penggunaan madu ini diketahui telah digunakan oleh manusia sejak 8.000 tahun silam.

Tak heran madu mengandung banyak nutrisi yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari menjaga daya tahan tubuh, mengobati batuk, mempercepat penyembuhan luka, hingga sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan.

Jenis-jenis madu lokal yang sangat populer

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis madu dengan ciri khas yang berbeda-beda. Pasalnya bentuk dan warna madu bisa dipengaruhi oleh sumber “makanan” si lebah. Baik itu dari bunga-bunga maupun pohon buah-buahan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa jenis madu khas Indonesia yang populer dan kaya akan manfaat.

1. Madu Hutan Sumbawa

Madu ini dinamakan madu Sumbawa, karena berasal dari lebah liar pengisap nektar bunga di hutan daerah Sumbawa. Lebah ini membuat sarangnya di atas pohon yang tinggi.

Secara umum, madu hutan Sumbawa ini berasal dari nektar pohon bidara dan pohon kopi. Ciri khas madu ini yairu memiliki kadar air yang lebih rendah dibanding madu lain.

Namun jika dilihat teksturnya, madu Sumbawa cenderung lebih pekat. Biasanya masyarakat mengonsumsi madu hutan Sumbawa untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit kanker, penyakit jantung, hingga tumor.

2. Madu Kelulut

Madu lainnya adalah madu kelulut. Jenis madu ini berasal dari hutan di daerah Kalimantan. Ciri khas madu kelulut bisa dilihat dari warnanya yang hitam, dan rasa manis yang bercampur sedikit asam.

Keunggulan dari madu ini salah satunya yakni mengandung kadar air yang lebih tinggi. Tak hanya itu, madu kelulut juga memiliki antioksidan dengan kadar yang tinggi dan karbohidrat lebih rendah.

Bahkan berdasarkan hasil penelitian mengatakan bahwa komponen fenilalanin pada madu kelulut, berupa, dapat meningkatkan kerja senyawa yang bertanggung jawab untuk aktivitas listrik di otak. Ini alasan mengapa madu ini dipercaya dapat memperbaiki kinerja memori pada otak.

3. Madu Hutan Sumatera

Berdasarkan namanya, madu ini berasal dari hutan di daerah Sumatera. Madu ini termasuk dalam salah satu madu asli Indonesia yang populer di pasaran.

Alasannya karena madu ini paling mudah ditemui. Apalagi untuk mendapatkannya, harga yang ditawarkan masih terjangkau.

Meski begitu, manfaat madu hutan Sumatera tak kalah baik jika dikonsumsi setiap hari. Madu ini bisa menjaga daya tahan tubuh, menjaga stamina, dan mengoptimalkan proses pemulihan dari penyakit.

4. Madu Hutan Timor

Selain ketiga madu tersebut, ada juga madu hutan Timor. Madu ini berasal dari wilayah Indonesia bagian timur, tepatnya Nusa Tenggara Timur (NTT).

Nama madu ini sangat dikenal di mancanegara. Pasalnya dari segi kualitas, madu ini memiliki kualitas terbaik ke-3 di dunia, setelah madu Yunani dan Australia.

Diketahui lebah pengasil madu ini mengambil sari-sari madu dari berbagai jenis bunga, seperti cendana, kayu putih, vanili, asam, kesambi, mangga, melinjo, dan bunga lainnya yang ada di hutan.

Banyak masyarakat yang mengonsumsi madu ini. Sebab selain baik untuk kesehatan, madu hutan Timor juga berperan dalam merawat kecantikan kulit para wanita.

5. Madu Kaliandra

Berbeda dari madu sebelumnya, jenis madu kaliandra memiliki kandungan glukosa yang lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan fruktosa. Padahal umumnya, zat utama yang terkandung dalam madu adalah fruktosa, bukan glukosa. Perbedaan inilah yang membuat madu kaliandra menjadi mudah mengkristal.

Baca Juga: 5 Jenis Madu Asli Indonesia yang Populer dan Kaya Manfaat
Viral Restoran dalam Goa, Wagub Bali: Alam Harusnya Dilindungi

Sekilas jika diperhatikan, pengkristalan ini membuat madu kaliandra terlihat seperti minyak goreng. Apalagi warnanya sama-sama berwarna kuning. Hanya saja yang membedakan madu ini dengan minyak yaitu memiliki kekentalan yang agak berbeda.

Meski begitu, ini tak menyurutkan orang untuk tidak mengonsumsi madu ini. Pasalnya madu kaliandra dipercaya sangat baik untuk membantu penderita kanker.

Video Terkait