Duh! Pekerja Kebun Binatang Diseruduk Kijang hingga Tewas

Seekor kijang yang akan dilepasliarkan di Taman Nasional Meru Betiri, Kabupaten Jember. (Antara/HO-TN Meru Betiri)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 30 Agustus 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Seorang pekerja kebun binatang di Swedia dilaporkan tewas setelah diseruduk seekor kijang, pada Minggu, 28 Agustus 2022 malam. Meski tidak akan di suntik mati, pihak kebun binatang memastikan akan memindahkan kijang itu ke lokasi lain pasca insiden tragis tersebut.

Kepada Swedia SVT, juru bicara polisi setempat Robert Loeffel mengatakan, petugas polisi tiba di Taman Hewan dan Hiburan Oland di pulau barat daya Oland sekitar pukul 5 sore, di mana pria yang belum diidentifikasi itu ditemukan tewas.

Pekerja itu memiliki pengalaman bertahun-tahun menangani kijang atau antelop eland, dan bertugas memasukan kijang ke kandang setelah taman ditutup.

Pihak kebun binatang mengkonfirmasi kematian pria itu di situs webnya dan mengatakan akan tutup sementara dan memberikan dukungan dan konseling kepada staf setelah kematian rekan mereka.

Insiden itu disaksikan oleh kepala eksekutif kebun binatang, Richard Berglund, yang mengatakan kepada surat kabar Swedia Dagens Nyheter bahwa kijang itu masih di kebun binatang dan tidak akan di-eutanasia tetapi mungkin akan dipindahkan ke kebun binatang lain.


"Saya sendiri terlibat dan itu tidak bisa dilakukan dengan cara lain. Kami akan memberi makan hewan-hewan itu dan tiba-tiba dia menyerang, kami tidak pernah memiliki masalah dengan hewan-hewan itu sebelumnya," kata Berglund kepada SVT, seperti dilansir UPI.com.

Pejabat polisi mengatakan bahwa mereka menganggap situasi itu sebagai "insiden yang sangat serius" dan sedang melakukan penyidikan.

Baca Juga: Duh! Pekerja Kebun Binatang Diseruduk Kijang hingga Tewas
Kena Prank, Polisi California AS Ditelpon Monyet Nakal



Di bawah hukum Swedia, menyebabkan kematian orang lain didefinisikan sebagai "barang siapa menyebabkan kematian orang lain karena kelalaian dihukum karena menyebabkan kematian orang lain penjara selama maksimal dua tahun atau, jika kejahatannya kecil, denda."

Elands adalah salah satu dari dua spesies antelop terbesar dan ditemukan di sabana Afrika timur dan selatan. Eland jantan bisa memiliki berat hingga satu ton.