Marak Kebakaran Hutan, Polisi Prancis Gelar Patroli Lewat Udara dan Darat

Ilustrasi kebakaran hutan (Pxhere)

Editor: Putri - Minggu, 14 Agustus 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Dua petugas dari brigade mobil khusus paramiliter Prancis melaju di jalur hutan yang panjang. Sementara di atas mereka, sebuah helikopter memindai daratan untuk memperingatkan kebakaran hutan.

Tim polisi yang baru dibentuk mulai berpatroli di barat daya Prancis untuk mencari dan menghentikan pemicu kebakaran yang menghancurkan hutan.

Mengutip Straits Times, Minggu (14/8/2022), dalam seminggu terakhir, tidak kurang dari 20 kebakaran terjadi di hutan yang berbatasan dengan resor tepi laut Soulac-sur-Mer, Gironde. Tepatnya di barat daya Prancis, kata polisi setempat.

Beberapapa kebakaran berhasil dihentikan dengan cepat, namun kebakaran lainnya tidak terelakan. Pohon-pohon dan batang-batang yang hangus melapisi jalan setapak dan jalur sepeda yang melintasi hutan.

Untuk menghentikan kehancuran, pejabat setempat telah mengirim unit baru, Peleton Kewaspadaan Hutan (PVF) terdiri dari 15 polisi, seorang perwira polisi senior dan dua polisi bersepeda motor. Didukung juga oleh patroli yang menggunakan helikopter.

Tersebar di tiga zona, PVF berpatroli di hutan dengan sepeda motor, sepeda segala medan, dan mobil. Jika memungkinkan, mereka berburu sumber pemantik api. Tim ini dibentuk baru minggu lalu dan mulai berpatroli pada Kamis 11 Agustus 2022.

PVF akan membebaskan petugas pemadam kebakaran yang telah berjuang melawan kobaran api yang sejak minggu lalu. Para pemadam kebakaran berusaha menghentikan kebakaran yang melahap 7.400 hektare hutan pinus di ujung selatan Gironde.

Baca Juga: Marak Kebakaran Hutan, Polisi Prancis Gelar Patroli Lewat Udara dan Darat
Kebakaran Hutan di AS Mengancam Keberadaan Pohon Terbesar di Dunia

"Setelah kebakaran besar pada Juli, kami mengamati peningkatan jumlah kasus kebakaran hutan," kata Martin Guespereau, wakil pertahanan dan keamanan di wilayah Nouvelle-Aquitaine.

"Ada sekitar 20 kebakaran yang tidak diketahui asalnya setiap hari di Gironde," tambahnya.

Menurut Kantor Hutan Nasional Prancis (ONF), sembilan dari 10 kebakaran disebabkan oleh kegiatan manusia. Tiga dari 10 kebakaran terjadi secara sengaja.

Video Terkait