Ular Kobra Sepanjang 1,3 Meter Masuk Rumah Warga di Mamuju Sulbar

Ular kobra yang masuk ke rumah warga di Mamuju, Sulawesi Barat. (Foto: Rifky Junaedi/Sariagri)

Editor: Putri - Selasa, 26 Juli 2022 | 12:20 WIB

Seekor ular kobra sepanjang 1,3 meter dilaporkan masuk ke dalam rumah warga di Mamuju, Sulawesi Barat. Ular tersebut menyusup masuk hingga naik ke lantai dua.

Diperkirakan ular tersebut bisa masuk ke dalam rumah melalui saluran irigasi. Pemilik rumah kemudian segera keluar dan meminta bantuan Pemadam Kebakaran (Damkar) Mamuju untuk mengevakuasi ular yang berada di dalam rumahnya.

Tim Animal Rescue Damkar Mamuju yang mendapat laporan tersebut segera mendatangi lokasi. Petugas damkar kemudian melakukan penyisiran ke sekitar rumah karena ular tersebut mengitari rumah dan bersembunyi di balik tembok.

Kanit Penyelamatan Damkar Mamuju, A. Jubaer menjelaskan, pencarian ular kobra di dalam rumah warga cukup sulit. Hal tersebut dikarenakan ular kobra tersebut berpindah-pindah dari tempat pertama kali ditemukan. 

Setelah dilakukan penyisiran, ular tersebut akhirnya berhasil ditangkap petugas. Ular kobra itu kemudian diamankan di kantor Damkar Mamuju dan rencananya akan dilepasliarkan petugas ke habitat aslinya.

“Ularnya ternyata terus berpindah-pindah tempat saat petugas melakukan pencarian. Tapi Alhamdulillah ular yang meneror pemilik rumah akhirnya ditemukan dan dievakuasi tim damkar,” jelas Jubaer.

Di musim penghujan ini, mamalia yang habitatnya terganggu sering muncul di pemukiman penduduk. Diduga habitat aslinya rusak akibat perambahan hutan. 

Baca Juga: Ular Kobra Sepanjang 1,3 Meter Masuk Rumah Warga di Mamuju Sulbar
An An, Panda Jantan Tertua di Dunia Mati pada Usia 35 Tahun

Tim Damkar Mamuju mengimbau warga yang menemukan ular berbisa seperti kobra di pemukiman atau dalam rumah agar tidak perlu panik. Jangan menangkapnya langsung dan segera laporkan ke tim damkar agar bisa dievakuasi segera.

Ular kobra termasuk jenis ular berbahaya. Hewan liar ini memiliki racun level 2 yang bisa mematikan mangsa yang dipatuknya. 

Video Terkait