Ini Lho Alasan Mengapa Burung Beo Menirukan Suara Manusia

Ilustrasi burung beo. (pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Minggu, 24 Juli 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Burung beo adalah burung yang sangat populer di dunia. Ia banyak dipelihara karena dikenal memiliki keahlian bisa menirukan suara manusia.

Namun, tahukah kamu, sebenarnya tidak semua burung beo bisa bicara. Lantas bagaimana bisa burung ini berbicara menirukan manusia? Berikut penjelasannya.

Beo tidak bisa berbicara dikarenakan mereka tidak memiliki pita suara seperti manusia. Meskipun, mereka memiliki anatomi yang diperlukan untuk "berbicara". Mereka hanya mempelajari kata dan frasa dengan meniru ucapan manusia.

Burung ini memiliki organ vokal yang disebut syrinx yang mirip dengan laring di bagian atas trakea pada manusia. Syrinx, yang terletak di dada di bagian bawah trakea, dapat digunakan untuk mengucapkan kata-kata manusia.

Saat burung beo mencoba menggunakan ucapan, suaranya melewati tenggorokan dan mulut dan dimanipulasi oleh lidah.

Menurut Steve Hartman dari The Parrot University, burung beo adalah salah satu dari beberapa hewan yang harus mengembangkan bahasa verbal untuk berinteraksi satu sama lain.

Mereka juga sangat mudah bergaul dan mendambakan interaksi dari kawanan manusianya. Tidak semua burung peliharaan memiliki kemampuan atau keinginan untuk berbicara. Namun, burung beo abu-abu Afrika, burung beo berkepala kuning ganda, burung beo abu-abu Afrika Timneh, burung nuri bayan dan burung beo Amazon berkepala kuning hanyalah beberapa dari spesies burung yang merasa cenderung menggunakan bahasa seperti manusia.

Baca Juga: Ini Lho Alasan Mengapa Burung Beo Menirukan Suara Manusia
Mengenal Burung Beo, Mulai dari Spesifikasi, Habitat dan Jenis-jenisnya

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa burung beo abu-abu Afrika, burung itu diketahui dapat mempelajari ratusan kata.

Hasil studi ini membuat para ilmuwan beranggapan bahwa burung beo memiliki banyak kemampuan yang terlihat pada manusia, seperti mengenali ritme dan menghitung.

Awalnya burung ini mungkin kesulitan memahami bahasa pada awalnya, dan mereka sering kali mencampurkan vokalisasi manusia dengan kosakata burung beo. Namun jika ingin burung beo bisa berbicara, maka sebaiknya sedini mungkin kamu mengajak dan mengajarinya dengan kata-kata.

Dengan mengajak burung ini berbicara, maka dapat memperkuat ikatan antara kamu dan burung.