An An, Panda Jantan Tertua di Dunia Mati pada Usia 35 Tahun

An An, panda jantan tertua di dunia. (Foto: Facebook Ocean Park Hong Kong)

Editor: Putri - Kamis, 21 Juli 2022 | 11:45 WIB

Sariagri - An An, panda jantan tertua di dunia yang dirawat oleh manusia, di-eutanasia pada usia 35 tahun. Usia tersebut setara dengan 105 tahun umur manusia, kata pihak Ocean Park Hong Kong, tempat An An tinggal sejak 1999.

Mengutip Reuters, Kamis (21/7/2022), An An menunjukkan tanda-tanda penurunan kesehatan selama beberapa minggu terakhir. Nafsu makan An An menurun, sampai akhirnya dia berhenti makan.

An An dan Jia Jia, panda betina tertua di dunia yang meninggal pada 2016 dalam usia 38 tahun, adalah hadiah dari Pemerintah Cina untuk Ocean Park Hong Kong.

"Ocean Park sangat sedih mengumumkan atas matinya An An," katanya dalam sebuah pernyataan.

Pihak Ocean Park menyampaikan terima kasih atas kesempatan untuk merawat Jia Jia dan An An. Hal tersebut juga membantu Ocean Park menjadi basis penting untuk konservasi panda.

"An An adalah anggota keluarga kami yang tidak tergantikan dan tumbuh bersama dengan Ocean Park. Dia juga membangun ikatan persahabatan yang kuat dengan penduduk lokal dan turis," mengutip pernyataan Ocean Park.

Baca Juga: An An, Panda Jantan Tertua di Dunia Mati pada Usia 35 Tahun
Elang Brontok dan Musang Pandan Dikembalikan ke Habitat Aslinya

Ocean Park, yang menampilkan hewan termasuk walrus, penguin, dan lumba-lumba, kini memiliki dua panda yaitu Ying Ying dan Le Le.

Pemerintah Cina memberikan Ying Ying betina dan Le Le jantan ke Hong Kong pada 2007. Taman margasatwa itu berharap pasangan panda tersebut bisa memiliki bayi segera.

Video Terkait