Viral Restoran dalam Goa, Wagub Bali: Alam Harusnya Dilindungi

Sebuah restoran goa yang berada di Bali. (Ist)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 20 Juli 2022 | 16:00 WIB

Sariagri - Sebuah restoran dalam goa viral dan menjadi pembicaraan warganet belakangan ini. Terlihat sebuah tempat makan yang benar-benar berada di dalam sebuah goa.

Tak ayal, warganet pun mempertanyakan potensi keberadaan restoran yang bisa merusak goa dan standar keselamatan pengunjung, seperti stalaktit yang bisa jatuh maupun stalagmit yang bisa membuat kaki tersandung.

Melihat hal ini, Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace buka suara mengenai kasus viral restoran dalam goa di Jalan Pura Goa Lempeh, Desa Adat Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Cok Ace mengatakan, benar atau tidaknya pihak pengelola restoran menemukan goa saat pembangunan proyek, sudah sepantasnya goa tersebut dilindungi. Pasalnya kawasan itu merupakan bagian dari keindahan alam.

"Dari proyek yang dia dapatkan itu tapi benar atau tidaknya, ada hal-hal yang harus dilindungi," jelasnya.

Cok Ace enggan berkomentar lebih jauh apakah goa tersebut layak atau tidak dijadikan restoran. Dia masih menunggu laporan dari kajian Pemkab Badung.

"Lihat lah nanti (kajian) dari Pemkab Badung," terangnya.

Pihak Kecamatan Kuta Selatan, Satpol PP Badung, dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Bali sepertinya tidak mengetahui keberadaan restoran dalam goa ini. Camat Kuta Selatan Ketut Gede Arta mengatakan, restoran berada di bawah halaman Hotel The Edge. Sementara pihak hotel membatasi pengunjung sebanyak 20 orang untuk masuk dalam waktu tertentu.

Menurut pengakuan manajemen hotel, goa tersebut ditemukan saat mereka membangun area halaman hotel. Petugas menemukan sebuah lubang besar atau goa di area yang jebol tersebut.

Lantas pihak hotel kemudian memodifikasi goa tersebut menjadi area restoran. Berdasarkan informasi yang diunggah pada laman website restoran tersebut, mereka menemukan goa alam ini saat membangun vila pada 2013 lalu. Diketahui, restoran tersebut menyajikan 7 hidangan yang dipatok dengan harga Rp 1,4 juta hingga Rp 3,2 juta.

Baca Juga: Viral Restoran dalam Goa, Wagub Bali: Alam Harusnya Dilindungi
Viral Potret Jadul Restoran Padang Tahun 1971, Warganet Soroti Menu Ini

Sementara itu, Kadis DPMPTSP Kabupaten Badung Made Agus Aryawa belum memberikan tanggapan terkait izin restoran dalam goa ini. Restoran dalam goa memang bukan hal yang baru dalam dunia pariwisata. Restoran seperti ini ada di sejumlah negara, misalnya yang paling terdekat dari Indonesia adalah sebuah restoran di goa yang terdapat di tepi pantai Phranang, Krabi, Thailand, bernama The Grotto.

Kemudian ada restoran La Gruta di Meksiko yang memberi sensasi menikmati makanan dalam goa. Namun di Indonesia konsep ini memang masih awam.

Video Terkait