Cuaca Panas Ekstrem Memicu Kebakaran 22 Ribu Hektare Hutan di Spanyol

Ilustrasi kebakaran hutan. (Foto: Pixabay)

Editor: Putri - Senin, 18 Juli 2022 | 18:05 WIB

Sariagri - Hutan seluas 22.000 hektare di Spanyol mengalami kebakaran. Kebakaran hutan terjadi sejak awal gelombang panas yang sudah berlangsung lebih dari seminggu, menurut perhitungan layanan darurat.

Mengutip Xinhua, Senin (18/7/2022), suhu di atas 44 derajat Celsius di selatan dan barat daya Spanyol dan sekitar 40 derajat Celisus untuk seluruh negara, datang di bulan-bulan yang sangat panas dan kering yaitu pada Mei dan Juni.

Keadaan tersebut menghasilkan kondisi yang sempurna untuk terjadinya kebakaran hutan. Di komunitas otonomi Spanyol barat daya, Las Hurdes, api bahkan di luar kendali.

Sementara kebakaran baru terjadi pada Sabtu 16 Juli 2022 di wilayah Valle de Jerte, menurut Pemerintah Daerah Extremadura "dimulai dengan cara yang benar-benar disengaja."

Di komunitas otonom tetangga Andalusia, kebakaran di dekat resor wisata Mijas sejauh ini menghancurkan sekitar 3.000 hektare hutan dan menyebabkan sekitar 2.000 orang dievakuasi dari rumah mereka.

Juru Bicara Pertanian dan Imigrasi Pemerintah Andalusia Carmen Crespo mengatakan kebakaran di Andalusia "tidak terjadi karena penyebab alami."

"Kita harus melihat apakah itu karena kelalaian atau sengaja dimulai," kata Crespo, mencatat petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan dua titik fokus yang berbeda.

Di komunitas otonomi barat laut Spanyol, Galicia, pihak berwenang berusaha menangani tujuh kebakaran hutan yang berbeda di ibu kota Ourense, yang dilaporkan telah merusak beberapa rumah.

Baca Juga: Cuaca Panas Ekstrem Memicu Kebakaran 22 Ribu Hektare Hutan di Spanyol
Ketika Cuaca Panas Melanda Dunia, Mulai dari Jepang hingga Eropa

Sementara komunitas otonom Catalonia, jalan-jalan terputus dan beberapa orang dievakuasi dari rumah mereka di kotamadya El Pont de Vilomaria. Dinas pemadam kebakaran Catalonia meminta warga untuk tetap berada di dalam rumah.

Suhu di Spanyol diperkirakan akan turun sedikit dalam 48 jam ke depan. Kemudian naik kembali ke sekitar 40 derajat Celsius.

Video Terkait