Mengembalikan Keadaan Alam, Bison Eropa di Inggris Dilepasliarkan

Ilustrasi bison. (Foto: Pixabay)

Editor: Putri - Senin, 18 Juli 2022 | 16:35 WIB

Sariagri - Bison Eropa dilepasliarkan ke area sekitar Canterbury, Kent, Inggris untuk membantu memulihkan daerah itu ke keadaan alaminya. Proyek yang dipimpin oleh Kent Wildlife Trust dan Wildwood Trust ini berlangsung di West Blean dan Thornden Woods.

Mengutip BBC, Senin (18/7/2022), bison tersebut nantinya akan menebang pohon, menciptakan ruang dan cahaya. Kayu mati nantinya membantu tanaman dan hewan liar lainnya untuk hidup.

Pihak Kent Wildlife Trust mengatakan, langkah selanjutnya adalah melepaskan kuda poni Exmoor, babi hutan, dan sapi Longhorn, yang perilaku alaminya sesuai dengan bison.

Direktur jenderal Kent Wildlife Trust, Paul Whitfield, mengatakan bahwa pelepasan bison ini menunjukkan dampak yang sangat nyata dari solusi berbasis alam dalam memecahkan krisis iklim.

Baca Juga: Mengembalikan Keadaan Alam, Bison Eropa di Inggris Dilepasliarkan
Mengenal Babi Hutan, Babi Liar yang Jadi Nenek Moyang Babi Ternak

"Kami akan membuktikan dampak bison di alam liar terhadap lingkungan," ujar Whitfield.

"Mereka akan menciptakan ledakan keanekaragaman hayati dan membangun ketahanan habitat, mengunci karbon untuk membantu mengurangi kenaikan suhu global," tambahnya.

Bison Eropa, yang beratnya bisa mencapai satu ton, menghilang dari Kepulauan Inggris lebih dari 1.000 tahun yang lalu. Bison di alam liar punah pada akhir Perang Dunia II.

Hingga saat ini, bison masih terancam punah. Namun saat ini bisom telah dibiakkan dari kebun binatang di Eropa Timur.

Video Terkait